ESDM Pastikan Tarif Listrik Tak Akan Naik di 2019

UANG | 14 November 2018 13:21 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan, tidak ada perubahan tarif listrik sampai akhir 2019. Meski formula pembentukan tarif yaitu kurs Dolar Amerika Serikat dan harga minyak telah mengalami perubahan.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Andy Noorsaman Sommeng, mengatakan tarif listrik tidak berubah sejak 2017 hingga saat ini. ‎"Kan sampai tahun depan tidak ada perubahan," kata Andy, saat menghadiri acara Indonesia Best Electricity Award (IBEA) ke 4, di Jakarta, Rabu (14/11).

Menurut Andy, untuk meringankan beban PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam memproduksi listrik, akan dioptimalkan penyerapan sumber energi primer pembangkit listrik yang bersal dari dalam negeri. "Karena ada sumber daya alam yang, misalnya kontrak tidak ada, kalau dalam negeri ada kenapa tidak memberikan dalam negeri," ujarnya.

Andy pun telah memiliki gagasan, agar tarif listrik teta‎p terjangkau dan biaya produksi listrik ringan. Yaitu dengan mematok harga gas maksimal khusus untuk sektor kelistrikan, hal ini sudah diterapkan pada komoditas batubara yang dipatok maksimal USD 70 per ton.

"Kalau kita sebagai regulator ingin supaya jangan sampai masyarakat terbebani dengan harga listrik yang tinggi. BUMN juga tidak terbebani jai semua harus sehat," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6

Baca juga:
4 Tahun Jokowi-JK, tinggal 2 persen masyarakat Indonesia belum nikmati listrik
4 Tahun Jokowi-JK, harga BBM dan listrik tetap murah meski harga global tinggi
Indonesia masuk 10 negara dengan tarif listrik termurah di dunia
PLN janji tak naikkan tarif listrik meski nilai tukar Rupiah melemah
Menteri Jonan sebut masih ada 32.000 warga DKI tak mampu pasang aliran listrik
PLN soal rencana pencabutan regulasi DMO tahun depan: Kamu mau tarif listrik naik?
Ini tanggapan pengusaha soal polemik rencana pencabutan harga DMO batubara

(mdk/bim)