ESDM: Realisasi Penyaluran B20 Capai 92 Persen per Hari Ini

UANG | 7 Februari 2019 19:29 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana mencatat bahwa realisasi penyaluran biodiesel 20 persen atau B20 sudah hampir mendekati 100 persen. Hingga per hari ini realisasi B20 telah mencapai 92 persen.

"Tapi catatan kita sih 92 persen (realisasi penyaluran B20) per 7 Febuari 2018. (Kalau) per Januari itu 89 persen," kata Rida saat ditemui di Kantor Kementerian Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (7/2).

Rida menyebut, untuk mencapai realisasi 100 persen memang tidak mudah. Sebab, masih ada beberapa persoalan seperti yang terjadi pada floating storage crude oil (penyimpanan minyak) di Balikpapan dan Tuban.

"Ternyata ya Balikpapan belum selesai Tuban belum selesai. Ya soalnya kan ada kendala ranjau yah. Kita survei dulu terus sama teman teman TNI AL nanti dibuat time framenya. Minggu depan baru dibicarakan," katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyatakan masih mengkaji mengenai floating storage crude oil (penyimpanan minyak) di Balikpapan dan Tuban. Tujuannya, agar titik pencampuran solar dan minyak sawit tidak terlalu banyak.

"Perlu floating storage di Balikpapan dan Tuban per 1 Januari agar titik campuran tidak terlalu banyak. Kalau terlalu banyak, kapalnya perlu banyak. Kalau kapalnya banyak, sering tidak cukup. Karena kapal itu tidak semua kapal harus pakai sertifikat," ujarnya.

Meski demikian, Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan, khusus untuk Balikpapan pemerintah akan menyewa kapal. Jika permasalahan di Balikpapan dan Tuban selesai, maka penyaluran B20 di seluruh Indonesia dipastikan mampu terserap 100 persen.

"Minggu ini selesai kelihatannya Tuban belum karena bukan tidak ada kapal, tempat masih harus di ini dulu oleh lembaga yang mengurusi. Pokoknya masih banyak yang harus dipelajari tentang macam-macam harus dipelajari perlu waktu dikit. Sehingga kalau itu sudah selesai maka, kalau dua-duanya selesai kita akan mendekati realisasi B20, 100 persen," tandasnya.

Baca juga:
Toyota Dukung Implementasi Bahan Bakar B50
PTPN III Kembangkan Bahan Bakar B50 untuk Kendaraan Roda Empat
KEIN: Penggunaan B50 Bantu Penghematan Devisa Negara
Kilang Plaju Pertamina Produksi Biosolar
GAPKI Harap Penerapan B20 Perbaiki Harga CPO Indonesia
Jonan: Polusi Akibat BBM Tak Ramah Lingkungan Turunkan Harapan Hidup

(mdk/idr)