ESDM resmi buka lelang blok migas tahap III, 4 Wilayah Kerja ditawarkan

UANG | 5 November 2018 20:05 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali membuka lelang Wilayah Kerja (WK) atau blok minyak dan gas bumi (migas) tahap III 2018, dengan menawarkan empat ‎blok.

‎Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, lelang blok migas tahap III dimulai hari ini, dengan menawarkan empat blok migas melalui skema lelang studi bersama atau penawaran langsung.

"Lelang WK migas sudah dua kali. Tahap ketiga akan buka mulai hari ini ada 4 WK yang akan dilelang," kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (5/11).

Empat blok migas yang tawarkan dalam lelang tahap III 2018 adalah, ‎South Andaman, lokasi di laut Andaman lepas pantai Aceh.‎ South saka Kemang di ‎daratan Sumatera Selatan.‎ Anambas di‎ laut Natuna Barat, da‎n Maratua, laut dan daratan Kalimantan Timur.

Namun khusus Blok Migas Maratua sudah diperuntukkan ke PT Pertamina (Persero), hal ini s‎esuai ketentuan Peraturan Menteri ESDM No 35 Tahun 2008, Wilayah Kerja Maratua khusus partisipasi dari Pertamina dan tidak dibuka untuk perusahaan lainnya .

Adapun jadwal lelang sebagai berikut:

Akses dokumen lelang 5 November 2018 – 17 Desember 2018,‎ forum klarifikasi 12 November 2018 – 17 Desember 2018.‎ Pemasukan dokumen partisipasi paling akhir pada 19 Desember 2018 pukul 14.30 WIB‎.

‎Sejak lelang blok migas ini, pemerintah menerapkan terobosan baru, yaitu bagi para calon peserta lelang yang telah membeli dokumen lelang, maka akses paket data dari Pusdatin dapat dilakukan secara gratis.

"Biaya paket data akan diwajibkan setelah peserta lelang ditetapkan menjadi Pemenang Lelang," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Tiga pemenang lelang blok migas terminasi ditetapkan, negara kantongi USD 13,9 juta
ESDM gratiskan biaya akses data lelang Wilayah Kerja Migas
Arcandra ancam lakukan hal ini jika badan usaha minerba tak lapor data produksi
Pekan depan, Pertamina sambangi Saudi Aramco bahas kerja sama pembangunan kilang
Bos SKK Migas: Pemanfaatan produksi gas alam cair bisa ciptakan lapangan kerja
Luncurkan 2 aplikasi daring, Kementerian ESDM permudah transaksi produksi minerba

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.