ESDM: Terjadi Tumpahan Minyak di Sumur Pertamina YYA-1 Blok ONWJ

UANG | 17 Juli 2019 17:47 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut bahwa sudah terdapat tumpahan minyak di area yang terdapat gelembung gas dari sumur YYA-1 Blok Offshore North West Java (ON‎WJ) yang dioperatori Pertamina Hulu Energi ONWJ.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal‎ Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Djoko Siswanto mengatakan, gelembung gas muncul sejak Jumat (12/7), kini sudah menimbulkan tumpahan minyak. Namun dia belum bisa memastikan sumber tumpahan minyak.

"‎Sekarang sudah ada oil spill (tumpahan minyak), sudah ada,"‎ kata Djoko di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (17/7).

Menurut Djoko, saat ini tumpahan minyak tersebut belum sampai ke daratan, tim yang diterjunkan pun terus berupaya menghalau tumpahan minyak agar tidak sampai ke daratan dan menyedot minyak yang ‎tumpah.

‎"Upaya atasi setiap oil spill yang keluar. Berapa besar tidak tahu, sudah antisipasi diambil tapi. Belum sampai ke pesisir," ujarnya.

Djoko mengungkapkan, upaya yang dilakukan atas kemunculan gelembung gas tersebut adalah menyelamatkan pekerja untuk menghindari korban jiwa, kemudian berikutnya adalah mengantisipasi kerusakan lingkungan akibat tumpahan minyak.

"‎Upaya pertama orang evakuasi, kedua lingkungan supaya minyak ngga tersebar kemana-mana, kita tangkap kita bereskan," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:false
ESDM: Risiko Gas Sumur ONWJ Seperti Semburan Teluk Meksiko di Film Deepwater Horizon
Muncul Gelembung Gas, Pengeboran di Sumur Migas Lepas Pantai YYA Ditutup
Lapangan Gas Abadi Masela Akan Berproduksi Pada 2027
Inpex Resmi Kantongi Perpanjangan Kontrak Jadi Operator Blok Masela Hingga 2055
Meski Neraca Dagang Surplus, Pemerintah Tetap Soroti Sektor Migas
Arcandra Sebut Hanya 3 Blok Eksplorasi yang Bisa Hasilkan Migas

(mdk/idr)