Esemka Diharapkan Mampu Produksi Mobil Listrik

UANG | 7 September 2019 17:36 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo akhirnya telah meresmikan pabrik mobil Esemka yang berada di Boyolali, Jawa Tengah Jumat (6/9). Presiden ke-7 Republik Indonesia tersebut meresmikan mobil Esemka yang siap diluncurkan ke pasaran.

Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Abra Talattof mengatakan, sebagai produsen otomotif Esemka dalam melihat tren sektor otomotif ke depan. Termasuk pengembangan mobil listrik.

Apalagi, kata dia, Pemerintah tengah mendorong pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Langkah pemerintah ini juga harus mampu dijawab oleh Esemka.

"Catatan untuk Esemka harus melihat juga tren ke depan, Pemerintah di sisi lain ingin bangun mobil listrik," kata dia, saat dihubungi Merdeka.com, Sabtu (7/9).

Ke depan, lanjut dia, tentu diharapkan bahwa sebagian produsen mobil dalam negeri, Esemka dapat memproduksi mobil berbasis listrik maupun energi baru terbarukan.

"Catatan untuk Esemka bagaimana bisa adaptif terhadap tren yang Pemerintah sendiri inginkan. Bagaimana industri otomotif itu berbasis energi terbarukan. Itu saja," tandasnya.

Baca juga:
Kemenperin: Kehadiran Esemka dapat Tingkatkan Penyerapan Komponen Lokal
5 Fakta Mobil Esemka, dari Harga Rp110 Juta Hingga Cocok Untuk Angkutan Desa
Mobil Dinas Jokowi Mogok, Fadli Zon Sarankan Ganti Esemka
VIDEO: Jokowi Resmikan Pabrik Mobil Esemka di Boyolali
Agar Harga Murah, Esemka Disarankan Gandeng Investor
Mobil Niaga Esemka Mulai Banjir Pesanan dari Pedesaan
Esemka dan Mimpi Mobil Nasional

(mdk/did)