Faisal Basri Sebut RI Butuh Sosok yang Bekerja Full Time untuk Tangani Corona

Faisal Basri Sebut RI Butuh Sosok yang Bekerja Full Time untuk Tangani Corona
UANG | 20 September 2020 18:30 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Ekonom Senior, Faisal Basri menyebut Indonesia saat ini butuh sosok komandan yang betul-betul bekerja secara full time dalam menangani pandemi Covid-19. Sebab menurut dia, tim besutan Presiden Joko Widodo dalam upaya penanganan covid dan pemulihan ekonomi belum terlihat peranannya.

Bahkan, sudah ada beberapa tim yang dibentuk oleh Presiden Jokowi di dalamnya orangnya itu-itu saja tidak berbeda jauh. Mulai dari tim percepatan vaksin hingga tim yang menangani delapan provinsi dengan angka kasus tertinggi.

"Orangnya itu-itu juga tidak ada yang bekerja full time. Untuk menangani virus ini komandan harus kerja full time," kata Faisal dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (20/9).

Dia menekankan, dampak dari pada Covid-19 ini berbahaya sekali jika tidak dikendalikan. Untuk itu perlu ada komandan baru di dalamnya yang betul-betul mampu bekerja secara ekstra dalam menangani penyebaran kasus tersebut.

Faisal menyebut, pemerintah sebetulnya bisa belajar dari kasus penanganan Tsunami di Aceh beberapa tahun lalu. Penunjukan Kuntoro Mangkusubroto sebagai Kepala Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi Aceh-Nias dianggap tepat karena kerja keras yang dilakukan sangat terlihat dan dihargai dunia.

Dia menyadari, kedua kasus tersebut berbeda. Namun setidaknya cara kerja yang dilakukan oleh tim yang sudah dibentuk oleh Presiden Jokowi dapat mencontoh Kuntoro.

"Pengalaman itu waktu kita menangani kasus Tsunami Aceh dan Nias komandan perangnya Pak Kuntoro. Jadi kita tuh punya pengalaman walaupun lebih parah sekarang ya," tandas dia. (mdk/azz)

Baca juga:
Sri Mulyani Sebut Kerjasama Global Tak Hanya untuk Temukan Vaksin Corona
Kemenkeu Optimistis Serapan Anggaran PEN 100 Persen di Akhir Tahun, ini Alasannya
Ini Rencana Program PEN Baru, Salah Satunya Pembebasan Pembayaran Cicilan KPR
Pemerintah Godok Perpres Pengadaan Vaksin Covid-19
Penyerapan Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional Capai 36,6 Persen
Kemenkeu Optimalkan Pemanfaatan Barang Milik Negara untuk Tangani Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami