Fakta Terbaru Pengembangan Vaksin Merah Putih, Termasuk Harga Tak Sampai Rp100.000

Fakta Terbaru Pengembangan Vaksin Merah Putih, Termasuk Harga Tak Sampai Rp100.000
vaksin corona. ©REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo
EKONOMI | 17 September 2021 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah terus mendorong riset dalam pengembangan Vaksin Merah Putih. Ini merupakan vaksin virus Covid-19 produksi dalam negeri. Sebagai karya anak bangsa, vaksin ini disebut mampu mempercepat penanganan covid-19 sekaligus berdampak positif bagi ekonomi.

Berbagai tahapan mulai dari riset, uji pra-klinis, uji klinis, registrasi, sertifikasi, peningkatan kapasitas produksi dan lainnya sudah dan bakal dilalui hingga saatnya nanti bisa disuntikkan ke masyarakat luas.

Saat ini, tim pengembangan Vaksin Merah Putih sedang menjalankan tahap uji pra-klinis pada hewan Macaca atau primata selain manusia.

Lengkapnya, berikut ini enam fakta terbaru pengembangan Vaksin Merah Putih:

1. Harga Terjangkau

Vaksin Merah Putih garapan PT Biotis Pharmaceutical Indonesia dan Universitas Airlangga dikatakan akan mulai diproduksi tahun depan. Direktur Utama PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, FX Sudirman, mengatakan harganya tak lebih dari USD 5 atau kurang lebih Rp71.130 dengan estimasi rupiah 14.226 per USD.

Sudirman berharap bahwa vaksin yang diproduksi dalam negeri ini mampu hadir dengan harga yang terjangkau.

"Mudah-mudahan kami bisa atau mengembangkan vaksin dan memproduksi vaksin dengan harga yang affordable, mudah-mudahan bisa kurang dari USD 5," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (15/9).

Dengan harga itu, Sudirman berharap mampu menjangkau masyarakat luas dengan harga yang bisa ditanggung pemerintah. Bahkan, dia mengatakan harga tersebut akan lebih murah dari belanja vaksin pemerintah dari luar negeri. Diketahui, pemerintah menganggarkan Rp54,46 triliun untuk belanja vaksin tahun ini.

Baca Selanjutnya: 2 Cocok untuk Indonesia...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami