Fasilitasi Kenaikan Gaji PNS, Menko Puan Ajukan Anggaran 2020 Rp226 Miliar

UANG | 25 Juni 2019 12:07 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, mengajukan pagu indikatif anggaran Kemenko PMK di 2020 sebesar Rp226 miliar. Hal itu disampaikannya dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dengan empat menteri koordinator Pemerintahan Jokowi-JK.

Menko Puan mengatakan dari jumlah anggaran tersebut nantinya akan dibagi ke dalam dua program yakni melalui dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas lain sebesar Rp119 miliar dan program koordinasi pengembangan kebijakan pembangunan manusia dan kebudayaan senilai Rp106 miliar.

"Dengan alokasi anggaran itu kami usulkan ke Bappenas dan Kemenkeu untuk penyesuaian," katanya di ruang Sidang Banggar DPR RI, Jakarta, Selasa (25/6).

Dari hasil usulan tersebut, ada penyesuaian anggaran dari dua kementerian lembaga tersebut. Di mana semula dukungan manajemen dari sebelumnya Rp119 miliar, menjadi Rp136 dengan pertimbangan penyesuaian gaji dan tunjangan kerja di 2020.

Sementara program kedua yang diusulkan sebelumnya Rp106 miliar ada penyesuaian menjadi Rp89 miliar dengan mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi anggaran. "Tapi penyesuaian itu tidak akan mengubah pagu total Rp226 miliar," imbuhnya.

Di sisi lain, Menko Puan juga membeberkan beberapa fokus kinerja lingkup kementeriannya di 2020. Salah satunya adalah kesejahteraan rakyat melalui pangan, pendidikan, dan kesehatan.

Kemudian fokus selanjutnya adalah pemberdayaan masyarakat melalui beasiswa bidikmisi, vokasi, dana desa, pemberdayaan perempuan dan pemuda. Dan terakhir pembangunan karakter bangsa melalui pendidikan karakter bangsa, budaya prestasi, dan pelayanan publik.

Seperti diketahui, fokus kinerja Pemerintah Jokowi-JK di 2020 mendatang mengangkat tema besar Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas.

Baca juga:
Sri Mulyani: Kas Negara Tidak Habis, Sekarang Masih Ada Rp100 Triliun
Biaya Perjalanan Dinas Pemerintah Bengkak Rp15,1 Triliun di Mei 2019
Sri Mulyani: Penerimaan Perpajakan Baru 31 Persen Hingga Mei 2019
Sri Mulyani: Defisit APBN Capai Rp127 Triliun Hingga Mei 2019
Temui Pimpinan DPR, Menteri Sri Mulyani Bahas Dana Renovasi Gedung Dewan
Kemendagri Minta Tambahan Anggaran Rp1,9 Triliun di 2020
Kemhan Minta Tambahan Anggaran Rp17,5 Triliun ke DPR

(mdk/bim)