Fintech Amartha Salurkan Pendanaan Rp1,35 Triliun

UANG | 20 September 2019 20:19 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha, fintech peer to peer (p2p) lending tercatat telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp1,35 triliun dengan tingkat keberhasilan 90 (TKB 90) sebesar 99,21 persen hingga 20 September 2019.

Founder sekaligus CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra menjelaskan, peningkatan penyaluran pendanaan ini tidak terlepas dari semakin bertambahnya perempuan pengusaha mikro yang telah didanai oleh Amartha.

"Hingga kini, Amartha telah menyalurkan pendanaan kepada 284,581 perempuan pelaku usaha mikro yang berada di 4.100 desa. Dana yang Amartha salurkan berasal dari pendana perorangan ataupun institusi," kata Andi melalui keterangannya, Jumat (20/9).

Andi menyebut menjadi pendana di Amartha selain meraih keuntungan yang menarik hingga 15 persen per tahun, sekaligus memberikan dampak sosial pada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya para perempuan pengusaha mikro.

Berbeda dengan fintech lainnya, Amartha menyalurkan pendanaan kepada perempuan pelaku usaha mikro yang tidak memiliki akses keuangan. Pendanaan diberikan dengan metode berkelompok atau majelis dengan upaya sistem tanggung renteng, untuk meningkatkan semangat gotong royong yang dapat menekan angka gagal bayar.

"Selain melakukan pendanaan di Amartha, kami juga memberikan kesempatan untuk para pendana melakukan donasi yang akan kita salurkan untuk kegiatan sosial Amartha seperti pemeriksaan kesehatan dan kacamata gratis di seluruh pulau Jawa," jelas dia.

Dia menambahkan, Amartha juga tengah memberikan pendampingan usaha kepada seluruh mitra peminjam, agar usaha dapat tumbuh dan berkembang.

"Metode ini berhasil meningkatkan pendapatan perempuan mitra Amartha sebesar 60 persen dan mengurangi tingkat kemiskinan mitra Amartha sebesar 22 persen," jelasnya.

Baca juga:
Fintech Tokomodal Resmi Kantongi Izin OJK
Aplikasi Tanda Tangan Digital PrivyID Kini Hadir di Investree
OJK: Penawaran Pinjaman Lewat SMS Bisa jadi dari Fintech Ilegal
Gencar Sosialisasi, TunaiKita Ingin Masyarakat Terhindar Fintech Bodong
VIDEO: OJK Minta Fintech Kenali Nasabah Sebelum Transaksi
Hindari Pencucian Uang, OJK Minta Fintech Kenali Nasabah Sebelum Transaksi

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT