Gaji Anda Dipotong Akibat Pandemi, Berikut Tips agar Keuangan Tetap Stabil

Gaji Anda Dipotong Akibat Pandemi, Berikut Tips agar Keuangan Tetap Stabil
UANG | 19 September 2020 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Pandemi virus corona telah berdampak negatif terhadap remunerasi dan gaji karyawan, sehingga telah mempengaruhi keamanan finansial banyak orang. Laporan Survei JobStreet mengungkapkan bahwa covid-19 telah sangat memengaruhi kehidupan 86 persen karyawan di Indonesia.

Akibat pandemi, 34 persen karyawan mendapatkan lebih sedikit atau sama sekali tidak mendapat bonus, 31 persen mengalami pengurangan gaji, dan 29 persen belum menerima kenaikan gaji mereka. Dari jumlah pekerja yang terkena pemotongan gaji, 43 persen terkena pemotongan hingga 30 persen dari besaran gaji mereka biasanya.

Tidak heran jika kekhawatiran utama 66 persen pekerja Indonesia adalah keuangan pribadi atau keluarga. Dengan penghasilan yang lebih sedikit, Anda harus belajar mengatur keuangan keluarga dengan lebih bijaksana.

Berikut merupakan beberapa tips praktis tentang cara menghindari kesulitan keuangan setelah pemotongan gaji, dikutip JobStreet.

Periksa status keuangan dan perilaku pengeluaran

Perhitungkan berapa banyak tabungan serta penghasilan Anda saat ini dan bandingkan dengan pengeluaran yang penting, seperti biaya kebutuhan dasar, listrik, air, tagihan, dan pinjaman.

Kemudian buat anggaran yang sesuai untuk Anda dan keluarga dan patuhi anggaran tersebut. Ini berarti belajar menghilangkan pengeluaran yang tidak penting, dan membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi budgeting

Buat sebuah spreadsheet untuk memantau keuangan, atau lebih baik lagi, unduh aplikasi yang dapat melakukannya secara otomatis. Aplikasi pelacakan anggaran (budget tracking app) berfungsi seperti pengelola keuangan pribadi, sehingga Anda dapat mengatur keuangan dengan cepat, mudah, dan bebas dari stres.

Baca Selanjutnya: Buat simpanan dana darurat...

Halaman

(mdk/azz)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami