Gandeng Sinar Mas Land, Grab Bangun Pusat Penelitian dan Inovasi di BSD City

UANG | 4 Maret 2019 19:20 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Grab berencana membangun pusat penelitian dan pengembangan inovasi di GOP 9, BSD City. Dinamakan Grab Innovation and Engineering Lab akan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk menciptakan sistem transportasi yang cerdas dan tertata melalui tiga rencana proyek kerjasama.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengatakan tiga rencana proyek kerja sama yang akan dilakukan oleh Grab dan Sinar Mas Land antara lain menjalankan metode pemetaan daerah BSD City untuk memudahkan penumpang menentukan titik penjemputan dan pengantaran yang lebih akurat.

Kedua, melakukan uji coba Personal Mobility Devices (PMD) yang dapat menjadi sarana transportasi personal jarak dekat dengan biaya terjangkau. Ketiga, melakukan program pilot solusi mobilitas berbagi di kawasan BSD City.

"Smart city membutuhkan berbagai layanan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan aktivitas kehidupan sehari-hari, oleh karena itu BSD sebagai integrated smart digital city yang terintegrasi merupakan kawasan yang ideal bagi Grab untuk memulai proyek dan menawarkan layanan baru yang dapat memenuhi harapan para pelanggan kami yang terus meningkat," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (4/3).

Grab juga akan menyelenggarakan program Grab Ventures Velocity di BSD City, sebuah program akselerasi di mana para startup akan diberikan serangkaian sesi pelatihan dan mentoring untuk meningkatkan bisnis mereka. Startup yang terpilih akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka dan bergabung dalam aplikasi Grab.

"BSD City, sebagai integrated smart digital city pertama di Indonesia, merupakan lokasi yang tepat untuk program ini."

Selain memberikan solusi untuk permasalahan transportasi di BSD City, Sinar Mas Land dan Grab akan mendukung UKM lokal berbasis kuliner di kawasan tersebut sebagai upaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dengan mendirikan dapur satelit yang disebut Kitchen by GrabFood. Kitchen by GrabFood akan mendekatkan menu andalan para merchant lokal dengan penikmat kuliner di wilayah BSD City melalui pemanfaatan teknologi Grab.

Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja, menambahkan BSD City berusaha menghadirkan inovasi untuk kehidupan manusia yang lebih baik sebagai tujuan utama dalam setiap proyek yang dibangun. Saat ini, pihaknya melakukan inovasi dengan membangun sistem transportasi yang terintegrasi serta mengembangkan teknologi yang diperlukan untuk melengkapi fasilitas publik di kota tersebut.

"Bagi Sinar Mas Land, membangun fasilitas publik sangat penting untuk memastikan gaya hidup yang sehat dan mobilitas yang lebih baik bagi masyarakat. Kami yakin adalah Grab mitra yang mumpuni untuk mendukung kami. Grab memiliki teknologi yang kami butuhkan dan kami senang menjalin kerja sama dengan mereka," jelasnya.

Baca juga:
Rahasia Sukses Grab Menjadi Startup Decacorn Pertama di Asia Tenggara
Jadi Decacorn Pertama Asia Tenggara, Grab Beroperasi di 8 Negara
Intip Tokoh di Balik Suksesnya Grab Menjadi Decacorn Asia Tenggara
Alasan Grab Bisa Jadi Decacorn: Cepat, Murah, Aman
Sopir Grab Turunkan Penumpang Pendukung Jokowi
Temui Menko Luhut, CEO Grab Lapor Mau Buat Industri Mobil Listrik di Indonesia
Respons Demo Pengemudi Grab di Medan, PT TPI Nyatakan Tidak Ada Order Prioritas

(mdk/bim)