Garuda Indonesia Jadi Maskapai dengan Ketepatan Waktu Terbaik Selama 6 Bulan

UANG | 8 Juni 2019 13:42 Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Maskapai nasional Garuda Indonesia kembali mempertahankan capaian tingkat ketepatan waktu terbaik dunia dengan catatan On Time Performance (OTP) sebesar 96,3 persen, meningkat dari bulan lalu dari 95,5 persen untuk kategori penerbangan global yang memiliki jumlah penerbangan di atas 10 ribu penerbangan versi OAG Flightview pada periode May 2019.

Adapun predikat sebagai maskapai global dengan OTP terbaik tersebut berhasil dipertahankan perusahaan selama enam bulan ini yaitu sejak Desember 2018 lalu serta menjadikan Garuda Indonesia sebagai satu-satunya maskapai dunia yang berhasil mempertahankan predikat tersebut selama enam bulan berturut-turut.

Direktur Operasi Garuda Indonesia, Capt Bambang Adisurya Angkasa mengungkapkan keberhasilan pencapaian ini akan menjadi tantangan besar bagi Perusahaan khususnya pada masa peak season Hari Raya Idulfitri.

"Kami saat ini mempersiapkan secara matang dengan melakukan optimalisasi On-Time Performance melalui lini layanan operasional serta koordinasi intensif kepada para pemangku kepentingan kebandarudaraan untuk menjaga komitmen kami dalam memberikan layanan standar internasional bintang 5," kata dia dalam keterangan resminya, Sabtu (8/6).

Dia menambahkan, perusahaan berkomitmen untuk terus menjaga performa ketepatan waktu penerbangan maskapai melalui pengecekan terhadap seluruh operasional penerbangan khususnya dari segi penerapan keamanan dan keselamatan.

"Sebagai komitmen kami dalam mengedepankan aspek “Operational Safety”, dengan demikian kami optimistis peak season Lebaran ini akan berjalan aman, tepat waktu, dan nyaman," ujarnya.

Dia menjelaskan keberhasilan Garuda Indonesia dalam mempertahankan capaian terbaik OTPnya tersebut adalah hasil kerja sama yang solid seluruh lini operasional Garuda Indonesia dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan.

"Kami menjaga semua crew baik Air Crew & Ground staff tetap terhubung dan Up date Informasi dan terkoneksi dengan system penjadwalan yang ketat dan termonitor. Terus meningkatkan kordinasi dengan stake holder seperti Ground Handling , Airport Autorithy , serta AirNav. Kami juga terus mencermati jadwal Penerbangan, dan potensi peruubahan dengan teliti dan akurat," jelasnya.

Selain itu, prestasi tersebut juga tidak luput dari peran aktif penumpang dalam mematuhi semua prosedur check In, datang lebih awal kebandara, membawa bagasi kabin sesuai aturan dan selalu mencantumkan nomor di Handphone di reservasi sehingga proses check-in tepat waktu.

"Pencapaian ini tentunya akan menjadi dorongan bagi Perusahan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas kinerja operasional maskapai khususnya dalam hal ketepatan waktu penerbangan maskapai," tutupnya.

Baca juga:
Pengusaha Beberkan Keuntungan Masuknya Maskapai Asing di Indonesia
Asal Terbangkan Balon Udara Saat Rayakan Idulfitri, Masyarakat Terancam Dipidana
Bahayakan Penerbangan, Balon Udara Kembali Diminta Tak Asal Diterbangkan
Pastikan Penerbangan Aman Saat Lebaran, Kemenhub Lakukan Inspeksi 474 Pesawat
Bos AP II Dukung Rencana Presiden Jokowi Soal Datangkan Maskapai Asing
Beri Persaingan Garuda Indonesia dan Lion Air, Darmin Dukung Maskapai Asing Masuk RI

(mdk/azz)