Gedung parkir GBK anyar mampu hasilkan listrik hingga 1 Megawatt

UANG » BANYUWANGI | 22 Juli 2018 19:30 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) saat ini memiliki dua tempat parkir bertingkat (elevated parking) yang baru. Namun, bukan hanya berfungsi untuk memarkir kendaraan, elevated parking tersebut juga mampu menghasilkan listrik hingga 1 megawatt (MW).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan, masing-masing elevated parkir memiliki solar panel yang dipasang pada bagian atasnya. Solar panel tersebut mampu menghasilkan listrik hingga 500 kilowatt (KW).

"Dua-duanya (ada solar panel). Itu 500 KW jadi totalnya 1 megawatt," ujar dia di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (22/7)..

Listrik tersebut nantinya akan digunakan untuk mendukung pasokan listrik ke berbagai area di GBK. Dengan demikian, diharapkan mampu menghemat biaya untuk memenuhi kebutuhan listrik selama Asian Games berlangsung.

"Itu untuk operasinya GBK, menyuplai GBK. Jadi ada penghematan untuk listrik," kata dia.

Progres pembangunan dua elevated parking tersebut kini telah mencapai 100 persen. Hanya tinggal proses pembersihan dan pemasangan rambu-rambu parkir.

Masing-masing gedung parkir memiliki kapasitas hampir 500 kendaraan dan diharapkan mampu menampung kendaraan yang dalam jumlah besar selama gelaran Asian Games berlangsung.

Reporter: ‎Septian Deny

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
TNI-Polri bakal berkolaborasi amankan Asian Games
Halangi Patung Selamat Datang, JPO dekat Bundaran HI akan dibongkar
Diresmikan Jokowi 1 Agustus, kawasan GBK siap digunakan untuk Asian Games
Jelang Asian Games, Sandiaga minta Satpol PP tertibkan spanduk berbau politik
Hujan deras sambut kirab obor Asian Games di Banyuwangi
Sandiaga ingin gratiskan Transjakarta hari Sabtu dan Minggu selama Asian Games

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.