Genjot Ekspor di Tengah Pandemi, Kemendag Bakal Gelar Trade Expo Secara Virtual

Genjot Ekspor di Tengah Pandemi, Kemendag Bakal Gelar Trade Expo Secara Virtual
UANG | 21 September 2020 15:50 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan bakal menggelar Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition (TEI-VE) pada 10-16 November 2020 mendatang. Acara kali ini mengusung tema 'Sustainable Trade the Digital Era' dengan konsep tampilan gambar 3D (tiga dimensi).

"Dengan hadirnya situasi pandemi covid-19 kita tidak boleh setop, artinya kita harus maju terus dan inilah salah satu cara kita melawan covid-19 dengan trade Expo Indonesia virtual exhibition. Di mana ini mudah-mudahan bisa meningkatkan ekspor kita," kata Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto dalam Peluncuran Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition 2020.

Berkaitan dengan peningkatan ekspor di tengah pandemi covid-19, Kemendag juga melakukan transformasi industri 4.0 dengan memanfaatkan teknologi digital. Di samping itu, trade expo kali ini juga untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan ekspor, promosi ekspor dan bisnis matching.

"Saya ingin pertegas juga bahwa virtual exhibition ini terdiri dari banyak kategori. Pertama adalah sektor jasa, produk, manufacturing, furniture, produk kerajinan, makanan dan minuman serta fashion dan aksesoris," jelasnya.

Tak habis di situ, Kemendag juga akan menggelar bussines to bussines matching di acara tersebut. Ini seperti trade and tourism investment forum, one on one business matching, business forum and counseling, promosi dan pelayanan informasi dilakukan secara virtual yang selama ini dilakukan secara offline beralih menjadi online.

"Jadi intinya kita harapkan di sini para buyer potensial akan melihat bagaimana para produsen maupun seller ini bisa menjual produknya, dan nantinya akan diresmikan oleh bapak Presiden pada tanggal 10 November 2020 bersamaan dengan penganugerahan penghargaan primaniyarta kepada eksportir yang berprestasi yang telah secara konsisten menjadi pahlawan ekspor di masa pada pandemi ini dan diharapkan menjadi teladan bagi eksportir nasional," ujarnya.

Mendag berharap, TEI-VE 2020 ini bisa membuka era baru bagaimana mengadakan expo secara virtual dapat meningkatkan pendapatan para pelaku usaha, serta meningkatkan pelaku ekspor baru dan juga pelaku bisnis yang bisa melakukan bisnis matching bisa dijalankan dengan secara virtual.

Baca Selanjutnya: Mendag Incar Negara Pulih dari...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami