Genjot Pariwisata, Jokowi Minta Pembangunan di Labuan Bajo Dipercepat

Genjot Pariwisata, Jokowi Minta Pembangunan di Labuan Bajo Dipercepat
UANG | 10 Juli 2019 17:03 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau rencana pengembangan Bandara Komodo setibanya di Labuan Baju, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jokowi meminta agar pembangunan terminal dan runway Bandara Komodo rampung 2020, sehingga dapat menggenjot pariwisata di wilayah tersebut.

"Yang ingin kita percepat, pertama bandara, terminal akan kita besarkan. Runway (landasan pacu) diperpanjang, maksimal tahun depan sudah rampung semua, airport, terminal airport," kata Jokowi usai di kawasan Puncak Waringin Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/7).

Setelah pembangunan rampung, Jokowi menyebut akan melelang pengelolaan bandara ke pihak swasta. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin pengelola Bandara Komodo memiliki jaringan pariwisata Internasional. "Sehingga yang datang ke sini turis-turis yang diharapkan meningkatkan devisa," ucapnya.

Selain Bandara, Jokowi juga meninjau Puncak Waringin Labuan Bajo, NTT. Dia menuturkan bahwa penataan di wilayah Labuan Bajo sangat penting sekali untuk meningkatkan turis masuk ke Labuan Bajo.

"Kita akan buat trotoar, tahun ini mulai sampai ke ujung, sehingga turis bisa menikmati view yang ada di depan sana. Juga berkaitan kekurangan supply air juga akan dikerjakan," tutur dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jokowi dan rombongan akan bermalam di salah satu hotel di kawasan Labuan Bajo, untuk melanjutkan rangkaian kunjungan kerja keesokan harinya.

Pada hari kedua kunjungannya, Jokowi dijadwalkan mengunjungi beberapa pulau eksotik di Labuan Bajo, seperti Pulau Padar dan Pulau Rinca.

Pulau Rinca dan Pulau Padar merupakan slah satu habitat komodo. Jumlah populasi komodo sebanyak 2.762 individu, yang tersebar di Pulau Rinca 1.410, Pulau Komodo 1.226, Pulau Padar 2, Pulau Gili Motang 54, dan Pulau Nusa Kode 70.

Disela-sela kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Jokowi menyempatkan diri untuk menyapa warga. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tampak membagi-bagikan kaos kepada warga Labuan Bajo.

Berdasarkan pantauan, saat keluar dari Bandara Komodo menuju Puncak Waringin, Rabu (10/7), para warga yang menunggunya di pinggir jalan menyapa Jokowi untuk bersalaman dan berswafoto. Jokowi pun lantas turun dari mobil yang ditumpanginya.

Tampak para warga berteriak histeris saat bertemu dan bersalaman dengan orang nomor satu di Indonesia itu. Melihat warga yang sangat antusias, Jokowi lalu membagi-bagikan buku serta kaos bewarna hitam yang bertuliskan 'Jokowi'.

Salah satu warga yang mendapat kaus tersebut mengaku sangat senang. Dia tak menyangka dapat bertemu dan mendapat hadiah dari Jokowi. "Senang sekali mendapat kaos. Tak menyangka dapat dari Bapak Presiden Jokowi," ucap warga tersebut.

Selain di Bandara, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga terlihat membagi-bagikan kaos usai meninjau proyek pembangunan kawasan Marina Terpadu Komodo. Tak hanya itu, dia pun meladeni para warga yang ingin berfoto bersamanya.

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5