Grab Sediakan 40 Unit Kendaraan Listrik, Siap Mengaspal Januari 2020

Grab Sediakan 40 Unit Kendaraan Listrik, Siap Mengaspal Januari 2020
UANG | 13 Desember 2019 16:09 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Grab bakal meluncurkan layanan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) pada Januari 2020. Pada tahap awal, Grab akan menyediakan mobil dan motor listrik masing-masing 20 unit.

Kendaraan listrik yang masuk dalam kategori Angkutan Sewa Khusus (ASK) itu nantinya akan masuk dalam aplikasi Grab bernama Grab Car Electric. Pelanggan nantinya bisa menggunakan kendaraan listrik di tempat yang sudah disediakan.

Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengatakan pihaknya akan menggandeng Hyundai, Astra Honda Motor dan Gesits dalam penyediaan kendaraan listrik. Diharapkan, pada akhir tahun, khusus mobil listrik yang beroperasi dapat mencapai 500 unit.

"Tentunya di tahap awal adalah dengan menggunakan Hyundai Ioniq Electric dengan 20 unit dan untuk di akhir 2020 diharapkan dapat mencapai 500 unit untuk mobilnya saja. Unit mobil itu diberikan bersama-sama antara Mitra, Hyundai dan Grab," ujarnya di Jakarta, (13/12).

Dia melanjutkan inovasi yang dilakukan Grab ini merupakan salah satu bagian dari komitmen investasi dalam mengembangkan ekosistem kendaraan berbasis listrik baik roda empat maupun roda dua.

1 dari 1 halaman

Grab Raih Pendanaan Rp27 Triliun Untuk Kembangkan Kendaraan Listrik

pendanaan rp27 triliun untuk kembangkan kendaraan listrik rev1

Dia pun mengatakan bahwa pihak Grab sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) pada Juli 2019 dengan salah satu investor yakni SoftBank, yang menginvestasikan hingga USD 2 miliar atau Rp27 triliun (USD 1 = Rp13.985). Investasi ini untuk membangun ekosistem EV agar mencapai 2 juta unit kendaraan listrik pada tahun 2025.

"Kami sudah bertemu dengan investor, yang juga bertemu dengan Presiden di Istana, membahas tentang kendaraan listrik ini," jelasnya.

Dia berharap bisa mendorong teknologi Indonesia dan menciptakan bengkel elektrik juga. Hal ini menjadi suatu langkah hijau dari Grab untuk menghidupkan keadaan hijau di Indonesia dengan menekan 0 persen polusi dan meningkatkan 100 persen kendaraan listrik.

"Kami harapkan dukungan segala pihak, kita berharap bukan hanya langkah sendiri melainkan kolaborasi," pungkasnya.

Reporter Magang: Nurul Fajriyah

(mdk/bim)

Baca juga:
Grab Uji Coba Kendaraan Listrik di Tanah Air
Grab Nonaktifkan Akun Mitra yang Lecehkan Penumpang Perempuan di Malang
Managing Director Grab Indonesia: Fundamental Bisnis Kami Kuat dan Semakin Kuat
VIDEO: Cerita Driver GrabCar Kena Prank Sebelum Dapat Hadiah Umrah Gratis
Kisah Haru Henri, Driver GrabCar Dapat Hadiah Umrah Bersama Istri
Grab dan Umroh.com Terbangkan 37 Pengemudi GrabCar Umrah dan Liburan ke Turki
Grab akan Sanksi Penyewa Skuter Listrik Rp300 Ribu Jika Langgar Aturan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5