Grup Lippo investasi Rp 278 triliun bangun kota mirip Shenzhen

UANG | 4 Mei 2017 14:54 Reporter : Saugy Riyandi

Merdeka.com - Grup Lippo bakal menggarap proyek 'Jakarta Baru' yang diberi nama Meikarta dengan investasi senilai 278 triliun. Proyek kota ini diklaim akan menyerupai kota Shenzhen di China dan siap menyaingi DKI Jakarta karena memiliki infrastruktur terlengkap se-Asia Tenggara.

CEO Grup Lippo James Riady mengatakan, pembangunan Meikarta akan dibangun diantara dua kota besar, yakni Jakarta dan Bandung dan terintegrasi dengan Bekasi-Cikarang, yang merupakan kawasan industri terpenting saat ini. Dengan begitu, Meikarta akan menjadi pusat perekonomian terbesar di Indonesia.

"Dalam 10 tahun ke depan, kawasan ini akan menjadi area yang paling pesat pertumbuhannya karena Meikarta terhubung dengan pusat perekonomian saat ini, Bekasi-Cikarang," ujar James di Jakarta, Kamis (4/5).

Meikarta sendiri akan terhubung dengan Lippo Cikarang, Jababeka, MM2100, Delta Mas, dan lainnya. Kemudian, Meikarta juga dikelilingi oleh pusat industri dari perusahaan-perusahaan nasional maupun multinasional raksasa, seperti Astra, Honda, Toyota, Suzuki, Mitsubishi, Isuzu, Toshiba, Samsung dan Panasonic.

Dari sisi kelengkapan, sejumlah infrastruktur penting yang tengah dibangun oleh pemerintah dipastikan terhubung ke Meikarta, seperti kereta cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandun yang bernilai Rp 65 triliun, Pelabuhan Patimban senilai Rp 40 triliun, dan ruas jalan tol Jakarta-Cikampek Elevated Highway senilai Rp 16 triliun.

Lalu, akan dibangun pula Bandar Udara Internasional Kertajati yang bernilai Rp 23 triliun dan kereta api jenis Monorail yang menyatukan tujuh kota di sekitar Meikarta.

Dengan sejumlah infrastruktur transportasi tersebut, James yakin Meikarta telah diperkaya dengan berbagai solusi untuk menepis kemacetan, kepadatan, dan tekanan sosial lain, seperti yang masih terjadi di Jakarta.

Untuk fasilitas di dalam Meikarta, Lippo menjanjikan akan membangun tujuh mall dengan total luasan 500.000 meter persegi, rumah sakit dan pusat kesehatan internasional, pusat keuangan internasional, lima hotel internasional bintang lima, perpusatakaan nasional, Opera Theatre dan pusat kesenian serta gedung pertemuan berskala internasional.

Selain itu, Lippo juga turut menghadirkan fasilitas pendidikan berupa 10 Sekolah Dasar (SD), lima Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) bertaraf internasional dan nasional plus serta tiga Perguruan Tinggi skala nasional.

Lippo juga akan membangun fasilitas inovasi di berbagai sektor, mulai dari infrastruktur dan transportasi, hub teknologi dan riset, hub bisnis dan komersial, lingkungan hidup yang berkelanjutan, hingga bidang seni, budaya, dan pendidikan.

James menambahkan, paling tidak 250.000 perumahan akan tersedia untuk menampung lebih dari 1 juta komunitas perkotaan. Dia juga menjanjikan unit-unit yang ditawarkan oleh Meikarta bisa terjangkau oleh seluruh komunitas, bahkan ekonomi menengah. Harga pasar di sekitar koridor Bekasi-Cikarang yang saat ini dijual di angka Rp 18 juta hingga Rp 20 juta per meter persegi akan dipotong hingga 50 persen, di bawah Rp 12,5 juta per meter persegi.

Nantinya, fasilitas kredit pemilikan rumah atau apartemen akan tersedia dengan bunga mulai 8,25 persen. James juga menyebutkan, dengan booking fee Rp 2 juta, selanjutnya dikenakan uang muka hanya 10 persen.

"Ini adalah suatu komunitas. Di tengah komunitas ini Meikarta menjadi kota yang nantinya terpenting di seluruh Indonesia. Di Koridor ini menjadi pusat industri di sleluruh Indonesia. Shenzen-nya Indonesia," pungkas James. (mdk/sau)


Ini harapan Kadin dari pertemuan Jokowi dengan orang terkaya Asia
Menteri Jonan ancam batalkan kontrak Inpex di Blok Masela
Intip 5 rahasia untung investasi apartemen di Jakarta
Temui Jokowi, orang terkaya Asia ini minat tingkatkan investasi RI
Perusahaan konstruksi asal Turki minat investasi di infrastruktur RI
Di Hongkong, Jokowi banggakan punya proyek raksasa dan Tax Amnesty
Modal Rp 10.000 bisa investasi pertanian, begini caranya

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.