Gubernur Ungkap UKM Raup Untung dari Corona, NTB Tak Khawatir Masker Langka

Gubernur Ungkap UKM Raup Untung dari Corona, NTB Tak Khawatir Masker Langka
Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah. ©2020 Merdeka.com
UANG | 4 April 2020 16:30 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Imbas dari penyebaran virus corona (covid-19) membuat perekonomian nasional bahkan dunia berada dalam situasi yang tidak menentu. Meski demikian, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah, mengatakan pandemi virus corona di Indonesia dapat memberikan peluang ekonomi bagi masyarakatnya.

Menurutnya, kelangkaan alat pelindung diri (APD), seperti masker, membuka kesempatan bagi masyarakat untuk dapat memproduksi kebutuhan-kebutuhan tersebut secara mandiri. "Kami mungkin melihat ini ada peluang juga dari sisi ekonomi," kata Zulkieflimansyah dalam wawancaranya dengan Smart FM jakarta, Sabtu (4/4).

Selain itu, cairan disinfektan yang kini juga jadi kebutuhan bisa diracik sendiri tanpa membutuhkan peralatan khusus. Dia mengatakan hal ini sudah terbukti di NTB. Zulkieflimansyah menyatakan Usaha Kecil Menengah (UKM) menjadi hidup di tengah pandemi virus corona.

"Sekarang (APD/sanitizer/desinfektan) di NTB tidak lagi langka. Sekarang kami bikin sendiri. UKM jadi hidup, ketimbang kita teriak-teriak di media sosial, di tempat tidur, kita bikin sendiri sekarang," jelas Zulkieflimansyah.

Dia menambahkan, saat ini, sudah tidak perlu lagi mendatangkan masker dan sanitizer dari daerah luar. Dan memanfaatkan peluang ini untuk keberlangsungan UKM di tengah pandemi.

Baca Selanjutnya: UMKM Bisa Bertahan di Tengah...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami