Guyon Bos Bappenas ke Istri yang Merupakan Anggota Pansus Pemindahan Ibu Kota

UANG | 23 Oktober 2019 17:46 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Rencana pemindahan Ibu Kota sepertinya akan berjalan mulus di pemerintahan Jokowi periode ke-II. Sebab, istri Kepala Bappenas Suharso Monoarfa merupakan anggota Panitia Khusus (Pansus) Ibu Kota Baru.

Suharso pun sempat bercanda dengan memanggil sang istri, Nurhayati Effendi, sebagai 'yang terhormat' seraya memperkenalkannya sebagai anggota DPR. Nurhayati hadir mengenakan formal modest attire bernuansa merah muda.

"Saya juga hadir di sini bersama keluarga saya. Pertama adalah yang terhormat anggota, karena istri saya adalah anggota Yang Terhormat Anggota DPR RI. Wakil ketua komisi V DPRI RI. Pansus Ibu Kota baru," ujar Suharso di Kantor Bappenas, Jakarta.

Suharso juga sempat bergurau dengan harapan persoalan Ibu Kota baru dapat selesai di rumah mereka.

Pemindahan Ibu Kota sendiri merupakan PR dari Bappenas era Bambang Brodjonegoro. Suharso pun berkomitmen untuk terus melanjutkan visi-misi Presiden Joko Widodo dalam kapasitasnya ketua Bappenas.

PR pertama yang dilakukan Suharso adalah membentuk UU Pemindahan Ibu Kota demi memberikan dasar hukum. Selanjutnya, dia memikirkan kota yang menjadi acuan Ibu Kota baru, seperti Washington D.C, yang dianggap ideal.

"Jangan sampai kita punya ibu kota seperi Canberra yang kalau sudah sore atau malam it is not kota yang alive. Alive city, it is not. Tapi dia jadi kota-kota yang tiba-tiba enggak ada semua. Redup semua," jelas Suharso.

"Tapi kita enggak mau jadi kota yang metropolitan yang baru, memindahkan kehiruk pikukan yang baru. Mungkin yang sedang-sedang seperti Washington, D.C. atau seperti Kazakhstan dia bikin ibu kota Astana," ucap Suharso yang menyebut filosofi perkotaan harus dipikirkan secara matang agar tak terjadi penyesalan.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Pengakuan Suharso Monoarfa Minta Jadi Menteri Jokowi di Bidang Ekonomi
Saat Bambang Brodjonegoro Tahan Tangis di Perpisahan dengan Bappenas
Tugas dari Jokowi untuk Suharso Monoarfa, Bos Bappenas Baru
Para Menteri Senior Ini Menjabat dari Zaman Presiden Gus Dur, SBY Hingga Jokowi
Para Ketum Parpol di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin
Susunan Menteri Bidang Ekonomi Kabinet Indonesia Maju: 10 Muka dan 3 Nomenklatur Baru

(mdk/idr)