H-1 Lebaran, Kemendag Gelar Operasi Pasar di Tiga Lokasi

H-1 Lebaran, Kemendag Gelar Operasi Pasar di Tiga Lokasi
UANG | 23 Mei 2020 14:30 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan RI menggelar operasi pasar di dua tempat yaitu pasar Serpong dan Pasar Modern BSD, Tangerang Selatan. Kegiatan ini dilakukan untuk menekan harga gula pasir yang melonjak tinggi.

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto menegaskan, pihaknya di H-1 Lebaran ini, menggelar tiga operasi pasar gula pasir murah di wilayah DKI Jakarta dan Tangerang Selatan.

"Menjelang Lebaran saya beserta tim kementerian perdagangan satgas pangan dan ibu walikota meninjau pasar untuk memastikan ketersediaan stok dan bahan pangan," ungkap Mendag didampingi pejabat Kemendag RI dan Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany di Pasar Modern BSD, Sabtu (23/5)

Dari pengamatan dirinya secara langsung, di Pasar Modern BSD dan Pasar Serpong, melihat adanya harga-harga pangan yang mengalami peningkatan harga. Namun, ada juga beberapa komoditas yang mengalami penurunan.

"Saya meninjau beberapa harga yang pada umumnya stabil dan ada sedikit penurunan dibanding bulan lalu. Berkaitan dengan harga harga bawang putih, bawang bombay, gula pasir dan bawang merah. Kecuali bawang merah dan gula pasir (naik) Bawang putih dan bombay turun," jelasnya.

Sementara Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengaku sangat senang mendapat pasokan gula pasir murah dalam operasi pasar kali ini. "Jadi sebelum ada operasi pasar, tadi saya cek ada harga gula pasir dari mulai Rp18.500 maupun Rp20.000. Tapi karena ada intervensi dari Pak menteri dengan operasi pasar ini jadi Rp12.550," ungkap Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.

1 dari 2 halaman

Bantu Warga

rev2

Dia berharap, dengan gelaran operasi pasar murah gula pasir ini, dapat membantu masyarakat Tangsel, dalam memenuhi kebutuhan gula pasir, terlebih menjelang Lebaran.

"Jadi mudah-mudahan apa yang dilakukan Bapak Menteri dan jajarannya, saya sangat meyakini dapat membantu warga Tangerang Selatan," ucapnya.

Dia juga berharap, di tengah Pandemi Covid-19 antusiasme masyarakat mendatangi pasar tetap mengedepankan kesehatan dan keselamatan diri dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Kalau pun teman-teman wartawan melihat seperti ini (keramaian pasar) tapi itulah dinamika budaya dengan kesehatan yang menjadi PR bagi kami untuk terus tidak boleh berhenti dan lelah mengingatkan bahwa disituasi covid-19 ini tentu budaya menjelang Lebaran ini harus ada perubahan perubahan. Mudah-mudahan masyarakat memahami itu semua, dan juga masyarakat bisa sadar jika sehat untuk diri sendiri dan bertanggungjawab kepada yang lainnya," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Gelontorkan 3.200 Ton Gula Pasir

ton gula pasir rev1

Kementerian Perdagangan RI sampai H -1 Lebaran telah mengeluarkan 3.200 ton gula pasir murah dalam operasi pasar yang digelar di sejumlah wilayah di DKI Jakarta, Tangerang dan Bogor.

"Sampai saat ini sudah menggelontorkan 3.200 ton ke beberapa kota Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor serta DKI Jakarta," ucap Mendag Agus Suparmanto

Agus menegaskan, dengan adanya operasi pasar gula pasir murah ini, pasokan dan harga gula pasir yang melambung tinggi diharapkan bisa segera menyesuaikan. Dengan harga eceran tertinggi sebesar Rp12.500 per kilogram.

"Memang untuk harga pasar rakyat di DKI Jakarta, per 23 mei sudah turun 23 persen mencapai Rp 16.700; dibanding minggu lalu," ucap dia.

Selain penyesuaian harga, operasi pasar yang digelar Kementerian Perdagangan, juga untuk memastikan keamanan pasokan gula pasir di tengah masyarakat. Terutama, menjelang Lebaran.
"Untuk hari ini, kami salurkan 2 ton di Pasar Senen, 4 ton di Pasar Serpong dan 6 ton di Pasar Modern BSD. Sehingga dipastikan stok gula jelang lebaran cukup," jelas dia

Menurut Mendag, selain di kota besar di DKI Jakarta, Tangerang dan Bogor, Pemerintah melalui Dinas Perdagangan di Daerah juga menggelar operasi pasar di seluruh Indonesia.

"Operasi pasar juga sudah dilakukan hampir di seluruh Provinsi di Indonesia, untuk memastikan ketersediaan stok," jelas dia

Menjelang H-1 Lebaran, Mendag Agus Suparmanto menegaskan, sejumlah komoditas pangan relatif stabil. Meski ada sejumlah bahan pangan yang mengalami kenaikan dan penurunan harga. (mdk/idr)

Baca juga:
Jelang Lebaran, Harga Telur Ayam di Tangsel Normal
Tak Main-Main, Budi Waseso Tindak Tegas Oknum Diskreditkan Kualitas Beras Bulog
Kemendag Grebek Distributor Nakal yang Naikkan Harga Gula
Menteri Erick Usul Daging Ayam Masuk Bansos Untuk Naikkan Kembali Harga
Mendag: Jika Ada Pedagang Jual Gula Lebih Mahal dari HET, Segera Laporkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami