Harga Cabai Turun Usai Sempat Sentuh Rp 100.000 per Kg

UANG | 22 September 2019 12:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Harga komoditas cabai kembali turun usai kenaikan harga yang menyentuh Rp 100.000 per Kilogram (Kg). Meski harga sudah kembali turun, tetapi para pedagang di Pasar Pagi wilayah Pekayon, Bekasi Selatan tetap mewanti-wanti sebab harga cabai masih naik dan turun.

"Untuk sekarang, harga cabai masih naik turun terus. Kalau kemarin kan bisa Rp 80.000 per kg," ucap Herman di Kiosnya, Minggu (22/9).

Kendati demikian, dirinya mengakui jika harga cabai sudah termasuk ke dalam harga yang normal. "Harga cabai sudah mendingan untuk sekarang. Cabai merah keriting Rp 45.000 per kg dan cabai rawit merah Rp 60.000 per kg," jawabnya.

Herman menuturkan jika ketidakstabilan harga ini sudah dirasakan sejak dua hari yang lalu. Namun begitu, harga pangannya lainnya tidak mengalami penurunan dan kenaikan harga. Herman mengatakan jika harga pangan tetap stabil.

"Untuk yang lainnya masih stabil harganya. Ini cuma cabai saja yang naik turun harganya," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto, memperkirakan harga cabai bakal turun pada akhir bulan ini. Menurut dia, para petani cabai kini sudah mulai menanam kembali dan akan memasuki masa panen di akhir September.

"Tapi sekarang mereka sudah mulai menanam cabainya dan insya Allah bulan-bulan September-Oktober ini, akhir September stabil," kata dia saat ditemui di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (3/9).

Seperti diketahui, tingginya harga cabai menyebabkan terjadinya inflasi pada bulan Agustus kemarin. Di mana berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) andil inflasi cabai merah menyumbang sebesar 0,01 persen, dan cabai rawit sebesar 0,07 persen.

Reporter Magang: Rhandana Kamilia

Baca juga:
Strategi BI Jaga Harga Cabai Tak Sumbang Inflasi Solo
Kementan Perkirakan Harga Cabai Mulai Turun Akhir Bulan ini
Harga Cabai Masih Jadi Pemicu Inflasi, Ini Kata Kementan
BPS: Harga Grosir Cabai, Kelapa Sawit dan Kambing Naik di Agustus 2019
Kementan: Harga Cabai Bakal Turun Pekan Ini
Harga Cabai dan Emas Jadi Penyumbang Inflasi Agustus 2019

(mdk/azz)