Harga Minyak Dunia Anjlok, Tiket Pesawat Bisa Lebih Murah Lagi

Harga Minyak Dunia Anjlok, Tiket Pesawat Bisa Lebih Murah Lagi
Bandara Soekarno Hatta. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani
UANG | 10 Maret 2020 17:39 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Harga minyak dunia mencapai titik terendah dalam empat tahun belakangan pada perdagangan Senin (9/3). Hari ini, minyak dunia dibuka pada harga USD 32,06 per barel, naik tipis sekitar 92 sen dolar.

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, penurunan harga minyak dunia dalam beberapa hari terakhir bisa berdampak pada penurunan harga tiket pesawat. Sebab, harga minyak akan selalu diikuti oleh penyesuaian harga avtur.

"Sebenarnya dampak langsung dirasakan oleh airline. Karena harga harga minyak turun, avtur juga akan turun," ujar Faik saat ditemui di Plataran Menteng, Jakarta, Selasa (10/3).

Penurunan harga avtur akan membuat biaya operasional maskapai menurun. Apabila biaya operasional maskapai menurun maka harga tiket bisa turun. Sementara AP I akan mendapatkan untung apabila tiket turun.

"Jadi biaya operasi airline murah, harapannya harga tiket bisa juga murah. Kalau tiket murah, penumpang makin banyak. AP I juga kecipratan karena penumpang yang datang lebih banyak," jelas Faik.

Baca Selanjutnya: Harga Minyak Dunia...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami