Harga minyak dunia merosot karena produksi OPEC meningkat

UANG | 2 Agustus 2017 09:18 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Harga minyak dunia kembali turun pada perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB). Penurunan harga terjadi menyusul laporan bahwa produksi minyak oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) naik bulan lalu meskipun ada kesepakatan kartel untuk mengurangi produksi.

Perusahaan pelacak tanker Petro-Logistics mengatakan pada Selasa (1/8) bahwa produksi minyak OPEC naik sebesar 145.000 barel per hari pada bulan lalu, menurut laporan media.

Produsen-produsen minyak utama telah sepakat untuk mengurangi pasokan sebesar 1,8 juta barel per hari sampai Maret mendatang. Tujuannya adalah untuk mengurangi stok global, menyeimbangkan pasar yang telah mengalami kelebihan pasokan yang bertahan selama sekitar tiga tahun, dan akhirnya menaikkan harga minyak.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September turun USD 1,01 menjadi menetap di USD 49,16 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Oktober merosot USD 0,94 menjadi ditutup pada USD 51,78 per barel di London ICE Futures Exchange. (mdk/idr)

Baca juga:
Luhut minta bantuan Jaksa Agung Australia selesaikan kasus Montara
Chevron belum beri kepastian soal perpanjangan kontrak Blok Rokan
Pemerintah targetkan dapat off taker gas Blok Masela dalam 3 bulan
Harga minyak dunia meroket 3 persen usai Saudi janji pangkas pasokan
PGN pasok bahan bakar gas ke kapal baru milik ASDP

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.