Harga Minyak Dunia Terus Naik, Harga BBM Dalam Negeri Sulit Turun?

Harga Minyak Dunia Terus Naik, Harga BBM Dalam Negeri Sulit Turun?
UANG | 11 Juni 2020 18:20 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Harga minyak dunia terus mengalami penguatan dalam beberapa waktu terakhir. Seperti di Amerika Serikat (AS), di mana minyak mentah jenis Brent naik 34 sen menjadi USD 41,52 per barel, dan West Texas Intermediate meninggi 66 sen (1,7 persen) menjadi USD 39,60 per barel.

Berbagai kenaikan tersebut didorong oleh harapan akan kebangkitan perekonomian dunia dari pandemi virus corona (Covid-19) yang menghancurkan harga bensin, diesel, dan bahan bakar jet.

Lantas, apakah kenaikan harga minyak tersebut akan membuat harga bahan bakar minyak (BBM) di Tanah Air menjadi semakin sulit turun dalam waktu dekat?

Koordinator Koalisi Masyarakat Penggugat Harga BBM sekaligus Pengamat Energi, Marwan Batubara menjelaskan, kenaikan harga minyak saat ini baru akan jadi perhitungan untuk penetapan harga BBM satu sampai dua bulan kemudian.

"Berarti kita harus lihat untuk bulan Juli. Karena menurut peraturan yang ada, harga dilihat dari 1-2 bulan sebelumnya, diambil rata-ratanya, itulah yang jadi patokan untuk dimasukan ke dalam formula," terangnya dalam sesi teleconference, Kamis (11/6).

Baca Selanjutnya: Formula Hitung Harga BBM...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami