Harga Pangan Stabil Jadi Momentum Percepat Pemulihan Ekonomi

Harga Pangan Stabil Jadi Momentum Percepat Pemulihan Ekonomi
Pasar tradisional. ©2017 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu
EKONOMI | 25 Agustus 2021 11:11 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, terjaganya stabilitas harga pangan perlu dijadikan momentum bersama untuk memperkuat UMKM sektor pangan. Menurutnya, pemanfaatan ini penting untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

"Hemat kami, terjaganya stabilitas harga ini khususnya harga pangan perlu kita jadikan momentum untuk memperkuat peran UMKM pangan. Ini dalam rangka pemulihan ekonomi Indonesia dan kesejahteraan masyarakat," terangnya dalam acara Rakornas Pengendalian Inflasi 2021, Rabu (25/8).

Strateginya, imbuh Perry, yakni dengan mempercepat tranformasi UMKM pangan ke dalam ekosistem yang terintegrasi. Ini penting guna mendukung pemulihan ekonomi dan stabilitas harga, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, BI menekankan, ekosistem terintegrasi tersebut harus disertai adaptasi penggunaan teknologi digital dari sisi hulu hingga hilir. Melalui peran teknologi diharapkan mampu meningkatkan kapasitas produksi hingga perluasan akses pasar bagi UMKM pangan.

Terakhir, BI berkomitmen penuh untuk bersinergi bersama pemerintah dalam memperkuat UMKM sektor pangan. "Seluruh kebijakan BI kami arahkan untuk pertumbuhan pro growth," tukasnya.

(mdk/azz)

Baca juga:
Harga Cabai Rawit Merosot Hingga Rp42.000 per Kilogram
Awal Bulan, Harga Tomat Meroket Menjadi Rp21.000 per Kg
BPS Catat Inflasi 0,08 Persen di Juli 2021, Dipicu Kenaikan Harga Ikan Kembung
Mengenal Kedaulatan Pangan, Pengertian Beserta Tujuh Pilarnya
Cuaca Ekstrem Bikin Harga Cabai Naik Hingga 12,6 Persen
Pasokan Melimpah, Harga Bawang Putih Turun Menjadi Rp26.000 per Kg

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami