Hasil SKD CPNS 2019 Diumumkan Serentak di 22-23 Maret 2020

Hasil SKD CPNS 2019 Diumumkan Serentak di 22-23 Maret 2020
Peserta Tes CPNS. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
UANG | 6 Maret 2020 11:58 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Pemerintah memutuskan untuk mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 serentak pada 22 dan 23 Maret 2020. Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah menggelar rekonsiliasi dan validasi data hasil SKD CPNS di hotel Bidakara Jakarta yang dilaksanakan sejak Rabu hingga Jumat (6/3).

"Hasil SKD akan diumumkan serentak pada tanggal 22-23 Maret 2020," ujar Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Karo Humas) BKN, Paryono, seperti dikutip dari setkab.go.id, Jumat (6/3).

Adapun data yang divalidasi oleh BKN, sambung Paryono, meliputi jumlah peserta berdasarkan Berita Acara (BA) kehadiran, kesesuaian formasi SSCN dengan penetapan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), kesesuaian ambang batas, kesesuaian nilai P1/TL formasi tahun 2018, BA penyelenggaraan serta panduan SKB.

"Rekonsiliasi data tahap I dilaksanakan untuk 261 dari 521 instansi pusat dan daerah. Sedangkan 260 instansi lainnya akan dilakukan rekonsiliasi datanya pada tahap II tanggal 11-13 Maret mendatang. Hari pertama rekonsiliasi dan validasi data dilakukan untuk 91 instansi pusat dan daerah," ujarnya.

Proses rekonsiliasi data, menurut Paryono, dilakukan melalui 4 level proses verifikasi dan validasi (verval). "Level 4 yaitu tim pengolahan mengumpulkan data hasil SKD dari seluruh titik lokasi (tilok) dan akan disinkronisasikan saat rekonsiliasi data berlangsung. Kemudian setelah itu diverifikasi dan divalidasi kesesuaian data dari instansi dengan data yang ada di Sistem Informasi Manajemen Fasilitasi Penyelenggaraan Seleksi (Simflek)," imbuh Paryono.

Pada tahap ini, sambung Plt. Karo Humas BKN, instansi mencocokkan kesesuaian hasil SKD di lapangan. Selanjutnya pada level 3 akan diverifikasi ulang oleh Kordinator Tim Finalisasi Hasil Seleksi, Pemberkasan, dan Penetapan NIP sebelum ke level 2 yaitu persetujuan Deputi Bidang Mutasi BKN.

"Terakhir, pada level I yakni Kepala BKN mengesahkan dengan digital signature dan hasil rekonsiliasi CPNS diserahkan kepada instansi secara online," imbuhnya.

Baca Selanjutnya: Ketentuan Peserta Lolos SKD...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami