Hati-Hati, 5 Hal Ini Harus Dihindari Para Pencari Kerja

Hati-Hati, 5 Hal Ini Harus Dihindari Para Pencari Kerja
Ilustrasi mencari kerja. ©shutterstock.com/Luna Vandoorne
UANG | 21 Januari 2021 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Jumlah para pencari kerja saat ini meningkat, usai banyak pekerja yang kehilangan pekerjaannya akibat pandemi covid-19. Adanya krisis ekonomi yang dipicu pandemi global telah membuat hampir sebagian usaha gulung tikar dan memberhentikan karyawannya.

Di AS saja, setidaknya ada 140.000 pengangguran pada Desember 2020. Pada laporan akhir tahun pun menunjukkan sebanyak sembilan juta pekerja telah kehilangan pekerjaannya. Itulah yang terjadi saat adanya pandemi global. Bahkan bukan hanya di AS saja, tetapi hampir di seluruh dunia mengalami hal serupa.

Keadaan yang dinamis dan selalu berubah menyebabkan strategi pencarian kerja pun berubah. Untuk itu, para pencari kerja seharusnya bisa menyesuaikan keadaan. Tentunya harus mengerti apa yang sedang dibutuhkan atau sedang dicari dalam pekerjaan saat ini.

Jika tidak bisa beradaptasi atau memahaminya, mungkin saja Anda sebagai pencari kerja justru akan sulit mendapatkan pekerjaan. Bisa jadi karena kurang pengalaman dan kemampuan atau bahkan ada kesalahan yang dilakukan saat sedang mencari pekerjaan.

Untuk itu, Anda perlu menghindari hal-hal apa saja yang dapat mempersulit ketika mencari pekerjaan. Berikut 5 kesalahan terbesar yang dilakukan pencari kerja dan apa yang seharusnya dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan, dilansir Forbes.

1. Tidak memiliki strategi pencarian kerja

Sebagai pelamar atau pencari kerja Anda tidak bisa hanya memikirkan ingin pekerjaan yang seperti apa. Anda seharusnya mencari beberapa pilihan pekerjaan untuk selanjutnya bisa jadi pertimbangan.

Selain itu, Anda juga bisa membuat pedoman karier dengan berbagai opsi untuk dicoba. Tentunya harus diikuti dengan strategi kerja yang jelas. Dengan begitu, usaha Anda dalam mencari kerja tidak terasa sia-sia bahkan bisa jadi sukses.

Di samping itu, ketika Anda sudah memiliki suatu pekerjaan, strategi bekerja jadi penting. Anda bisa mengurutkan dari pekerjaan yang paling penting terlebih dulu untuk dilakukan.

Baca Selanjutnya: 2 Tidak memiliki kemampuan atau...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami