Hati-Hati, Sifat Ini Bisa Membahayakan Karir Anda

Hati-Hati, Sifat Ini Bisa Membahayakan Karir Anda
UANG | 29 Juli 2020 06:30 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Meraih kesuksesan dalam berkarir, Anda harus memiliki berbagai sifat untuk bisa menunjang karir. Namun, ada juga sifat-sifat yang bisa membahayakan karir Anda, sehingga harus dihindari agar Anda tetap sukses berkarir.

Malcolm Gladwell, seorang penulis dan pernah dinobatkan sebagai salah satu dari "100 orang paling berpengaruh" dari Majalah Time di 2005 mengatakan, sifat yang harus dihindari agar karir Anda tetap jalan adalah terlalu percaya diri. Sifat ini lebih berbahaya dibanding rasa tidak mampu.

Dia menjelaskan, para pemimpin yang terlalu percaya diri sering memiliki estimasi kemampuan mereka yang lebih besar dari kemampuan mereka yang sebenarnya. Itu adalah masalah yang sangat serius dan yang mengarah pada kesalahan sebagai konsekuensi.

"Semakin percaya diri yang semakin berbahaya. Semakin kecil pula kemungkinan seorang pemimpin untuk mendengarkan siapa pun. Itu sangat, sangat beracun," kata Gladwell dilansir CNBC Make It.

Pemodal dan pengusaha miliarder Ray Dalio mengatakan pada dirinya sendiri bahwa ia hampir memusnahkan perusahaannya, Bridgewater Associates, karena terlalu percaya diri. Di mana pada tahun 1982, Dalio yakin ekonomi global akan mengalami depresi.

"Aku salah besar. Pasar saham mulai mengalami kenaikan besar, dan selama delapan belas tahun ke depan, ekonomi AS menikmati periode pertumbuhan non-inflasi terbesar dalam sejarahnya," katanya dalam bukunya" Principles: Life and Work.

Dalio kehilangan begitu banyak uang karena menjad sangat sombong. Sehingga dia harus melepaskan karyawannya dan meminjam USD 4.000 dari ayahnya hanya untuk bertahan hidup.

Meski demikian, dia dapat belajar dari pengalaman itu. Hari ini, sebagian karena pengalaman itu, dana lindung nilai Dalio beroperasi dengan kebijakan "meritokrasi ide" di mana setiap orang didorong untuk berbagi perspektif mereka dengan jujur.

Dan itulah cara untuk mempertahankan diri dari pemimpin yang terlalu percaya diri, menurut Gladwell.

"Hal terbaik untuk dilakukan adalah memastikan bahwa perusahaan, organisasi memiliki sistem di mana orang mendapatkan umpan balik. Sasarannya haruslah kelompok beragam suara yang mengambil keputusan. Itu adalah cara terbaik untuk melindungi Anda dari terlalu percaya diri," katanya. (mdk/azz)

Baca juga:
Cara Mudah Bangun Kekompakan Karyawan di Kantor
Manfaat Dana Darurat dan Kegunaannya, Siapkan Sebelum Terlambat
Jangan Pusing, Ini 3 Cara Mudah untuk Bayar Utang
6 Cara Mudah Kelola Anggaran Keuangan Pribadi
Tips Sederhana Kelola Keuangan Agar Tidak Boros
Jangan Patah Semangat Jika Bisnis Gagal, Anda Bisa Tiru Cara Miliarder Ini

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami