Hindari Godaan Belanja Lewat Metode Menabung Ini

Hindari Godaan Belanja Lewat Metode Menabung Ini
UANG | 12 September 2020 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Godaan untuk berbelanja sering kali datang saat sebuah barang kelihatannya unik dan menggemaskan, apalagi diskon. Padahal, belum tentu ada manfaatnya untuk membantu hidup Anda. Alhasil, tabungan tak jarang menipis karena tidak mampu menahan diri untuk tidak membeli.

Supaya saldo di tabungan tetap terjaga, mungkin metode menabung berikut ini bisa dicoba. Metode 30 day rule atau aturan 30 hari menyimpan uang merupakan salah satu cara menghindari perilaku impulsive buying.

Memang, menghamburkan uang untuk sesuatu yang kita sukai adalah hal lumrah. Namun, kalau dilakukan terus-menerus sampai tidak punya tabungan sepeserpun, hal itu akan menjadi masalah. Intinya, metode ini meminta Anda untuk menahan diri selama 30 hari untuk tidak membeli sesuatu jika bukan kebutuhan yang utama.

Pertama, taruh barang itu kembali jika tidak ada dalam list kebutuhan. Saat Anda menemukan suatu barang (entah itu murah, mahal, atau diskon), kalau Anda tidak bisa memikirkan alasan lain selain barangnya langka, imut, menggemaskan, dan mencuri perhatian, silakan ditaruh kembali ke tempatnya.

Kedua, setelah menaruhnya kembali, coba catat dulu di telepon genggam Anda. Kemudian, lakukanlah pencarian lewat Google mengenai barang tersebut. Setelah itu, jika kamu berhasil melupakan barang itu 30 hari kemudian, artinya barang tersebut tidak memiliki urgensi untuk dibeli, bukan?

Ketiga, kalau ternyata Anda sangat membutuhkan barang tersebut dan tidak berhenti memikirkannya, kumpulkan uang untuk membeli barang itu secara terpisah. Tabung di celengan ataupun buat rekening secara khusus. Pertimbangkan kembali, jika harganya mahal sampai mengharuskan Anda untuk menabung lama, apakah harganya setimpal dengan kualitasnya.

Gunakan waktu selama 30 hari untuk benar-benar memikirkan kegunaan dan harga dari barang tersebut. Terlebih,karena pada awalnya, barang itu tidak masuk ke dalam list kebutuhan Anda.
Setelah 30 hari berlalu, lihat apakah keinginan untuk membeli barang tersebut masih ada. Jika ya, Anda pasti tidak bertanya-tanya lagi mengenai apapun saat membeli.

Baca Selanjutnya: Kenapa Metode Ini Bekerja?...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami