Hindari Hal-Hal Berikut Saat Mencari Kerja di Masa Pandemi

Hindari Hal-Hal Berikut Saat Mencari Kerja di Masa Pandemi
UANG | 15 Juli 2020 08:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Virus corona telah meningkatkan jumlah pengangguran di dunia. Tak terkecuali Indonesia. Maka dari itu, proses mencari kerja kembali untuk menyambung hidup tentu menjadi tantangan sulit saat ini.

Dilansir dari CNBC, Selasa (14/7), saat ini perusahaan atau pemberi kerja 'memegang kartu AS' dalam hal tawaran kerja. Namun, konsultan keuangan Ramit Sethi mengatakan pencari kerja masih dapat menaikkan posisi tawarnya.

"Maka dari itu dibutuhkan perubahan cara pandang Anda dari pelamar kerja pada umumnya menjadi kandidat terbaik," ujar penulis buku terbaik versi New York Times ini.

Lalu bagaimana menghindari kesalahan mencari kerja terutama saat masih berlangsungnya pandemi corona? Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

1. Mental Asal Dapat Kerja

asal dapat kerja

Sethi mengatakan kesalahan umum yang dilakukan pencari kerja saat melamar lowongan pekerjaan ialah mental 'murah'. Di saat membutuhkan seperti sekarang ini, menurutnya, banyak pencari kerja bersedia ditempatkan di bagian manapun asalkan bisa bekerja.

"Sementara, kandidat terbaik tahu mereka harus memilah perusahaan yang sesuai dengan kemampuannya seperti perusahaan mengevaluasi para pencari kerja," jelasnya.

2 dari 5 halaman

2. Kirim CV Ke Banyak Perusahaan

cv ke banyak perusahaan

Sethi mengungkapkan tips selanjutnya ialah dengan membuat daftar 10 perusahaan yang ingin dilamar. Alih-alih mengirim CV ke banyak perusahaan dengan harapan mendapat panggilan wawancara kerja terlebih dulu.

"Manager HRD tahu mana lamaran yang asal kirim dengan yang serius," ujarnya.

Maka dari itu, pembuatan daftar akan mempermudah Anda untuk mempersiapkan CV yang baik saat mengirimkan berkas lamaran.

3 dari 5 halaman

3. Tidak Melakukan Penelitian

melakukan penelitian

Sethi menjelaskan, dalam membuat surat lamaran kerja dan CV, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa pekerjaan yang diinginkan. Setelah mengetahui hal tersebut, Anda bisa memulai mencari lowongan yang sesuai.

Anda bisa juga mencari kenalan pada perusahaan yang ingin dilamar. Mulailah mengobrol mengenai perusahaan sebagai bahan informasi saat wawancara nanti.

4 dari 5 halaman

4. CV Dibuat Seadanya

dibuat seadanya

Langkah selanjutnya ialah dengan membuat CV yang menarik dan padat. Sethi menyarankan dalam CV hanya dijabarkan prestasi dan hasil kerja.

"Anda bisa menjelaskan proses pencapaian saat sesi wawancara nanti," ujarnya.

5 dari 5 halaman

5. Tanpa Persiapan Wawancara

persiapan wawancara

Saat Anda telah berhasil sampai pada tahap wawancara gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Sethi menyarankan untuk mengungkapkan rencana kerja dalam 90 hari.

"Hal itu tak pernah gagal untuk menciptakan kesan," ujarnya.

Kondisi industri saat ini, lanjut Sethi, juga membuat proses negosiasi gaji menjadi sulit. Tawaran rendah menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan.

Sethi menyarankan Anda bisa menurunkan sedikit ego dengan sejumlah kompensasi. Dia mencontohkan apakah perusahaan menawarkan benefit lain seperti jam kerja fleksibel atau bisa bekerja dari rumah. Selain itu, apakah perusahaan menawarkan bonus seperti jika target kerja tercapai akan ada kenaikan gaji.

  (mdk/bim)

Baca juga:
Tak Perlu Gelar Sarjana, 10 Pekerjaan Ini Paling Dibutuhkan di Dunia
Hindari Kesalahan Ini Ketika Mencari Pekerjaan Selama Pandemi
10 Lowongan Kerja Paling Banyak Dibuka Saat ini dan Bergaji Tinggi Versi LinkedIn
Kuasai Hal Ini Agar Sukses Bangun Bisnis
Hal Ini yang Bakal Ditanyakan Saat Wawancara Kerja Pasca Pandemi
Membangun Karir sebagai MC Profesional, Simak Tips dari Ahlinya
4 Hal yang Harus Disiapkan Saat Melamar Kerja Pasca Pandemi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami