Hindari Kesalahan Ini Ketika Mencari Pekerjaan Selama Pandemi

Hindari Kesalahan Ini Ketika Mencari Pekerjaan Selama Pandemi
UANG | 13 Juli 2020 06:00 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Pandemi corona telah menyebabkan banyak tenaga kerja dirumahkan hingga mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Akibatnya, banyak pekerja yang kehilangan pekerjaan dan tak sedikit pula yang menjadi pengangguran.

Saat ini, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat ketat, namun bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan pekerjaan. Pelatih keuangan pribadi Ramit Sethi mengatakan, masih banyak peluanh untuk Anda mendapatkan pekerjaan terutama jika Anda menghindari satu kesalahan wawancara yang umum.

"Hal umum yang dilakukan kandidat adalah mereka mendekati wawancara dengan model mental yang mereka coba dapatkan. Performa terbaik tahu bahwa mereka mengevaluasi perusahaan seperti halnya perusahaan mengevaluasi mereka," kata Sethi dilansir CNBC Make It.

Hindari Mengirim Banyak Lamaran Kerja

Itu bisa lebih mudah diucapkan daripada dilakukan di pasar saat ini. Bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan, godaan dapat mengirimkan ratusan resume untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan wawancara.

Namun, itu bisa seperti "mengirim mereka ke lubang hitam," menurut Sethi, yang mengatakan bahwa manajer perekrutan dilatih untuk mengendus aplikasi umum dan kurangnya kekhususan. Alih-alih, Anda harus memusatkan perhatian pada satu hingga 10 lowongan pekerjaan.

Strategi ini dapat diduga sebagai riset, identifikasi, dan koneksi.

Pertama, jelaskan pekerjaan atau perusahaan impian Anda. Jangan hanya mengatakan Anda ingin "bekerja di bidang teknologi" namum harus lebih spesifik tentang preferensi Anda, seperti ukuran dan budaya perusahaan. Kemudian, lakukan riset untuk menemukan celah yang paling cocok.

Baca Selanjutnya: Identifikasi orang yang saat ini...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami