Hingga November, dana asing masuk ke RI capai Rp 137 triliun

UANG | 8 Desember 2017 17:54 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mencatat jumlah modal yang masuk ke Indonesia (capital inflow) hingga November 2017 mencapai Rp 137 triliun, meningkat dari tahun sebelumnya sebesar Rp 126 triliun.

"Dari 1 Januari sampai November di kisaran Rp 137 triliun. Itu dibanding periode sama tahun lalu di kisaran Rp 126 triliun. Jadi, kelihatan dana terus masuk ke Indonesia," ungkapnya di Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (8/12).

Sementara itu, arus keluar masih dibatas normal, mengingat jelang akhir tahun para investor berusaha untuk menjaga profitnya. Dengan demikian, dia menilai perekonomian Indonesia sedang dalam masa pemulihan.

"Kalau ada outflow ini kan menjelang akhir tahun, dan akhir tahun ada investor yang mau masuk periode libur. Jadi mereka harus kunci profitnya. Jadi banyak kemudian yang mengambil posisi untuk melewati tahun 2017," jelas dia.

Sebelumnya, Agus memprediksi inflasi pada minggu pertama bulan Desember akan berada di kisaran 0,41 persen, sedangkan secara year on year akan ada di kisaran 3,29 persen. "Kami juga di BI lihat di minggu pertama Desember inflasi diperkirakan di kisaran 0,41 persen."

Baca juga:
Bos BI prediksi inflasi minggu pertama Desember capai 0,41 persen
Tak tambah pesawat, belanja modal Garuda Indonesia Rp 3 T 2018 untuk perawatan
Bos Garuda Indonesia ungkap masalah yang sebabkan 300 penerbangan harus delay
Hingga November, realisasi penyaluran KUR mencapai 85,6 persen
Arcandra optimistis Pertamina mampu atasi lonjakan permintaan elpiji 3 Kg akhir tahun

(mdk/azz)