HUT RI ke-70, Kepala daerah minta BUMN hadir di masyarakat

UANG | 16 Agustus 2015 12:10 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh berharap badan usaha milik negara (BUMN) selalu hadir ditengah masyarakat. Alih-alih mendapat manfaat langsung, masyarakat hanya mengetahui keberadaan BUMN dari media massa.

"Selama ini BUMN hanya kami dengar dari radio, baca koran, lihat televisi," ujarnya saat acara "BUMN Hadir Untuk Negeri" di Mamuju, Sulawesi Barat, Minggu (16/8).

Terkait itu, pemerintah menginstruksikan ratusan perusahaan pelat merah memanfaatkan momentum peringatan hari kemerdekaan untuk menebar manfaat langsung ke seluruh penjuru Tanah Air. Dalam acara yang dikoordinasikan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) itu terlihat sejumlah BUMN memberikan pelayanan cuma-cuma.

Seperti PT Pegadaian yang membuka gerai jasa cuci emas, BPJS Kesehatan melayani cek kesehatan, dan BRI menawarkan banyak hadiah bagi pemilik kartu ATM.

"BUMN diharapkan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat," kata Anwar.

Direktur Utama RNI Didik Prasetyo berharap acara yang bisa mendekatkan BUMN kepada masyarakat bisa rutin diselenggarakan. Pasalnya, hal tersebut diyakini bisa menggerakan perekonomian masyarakat.

Di Mamuju, RNI menebar 2.058 paket bahan pokok. Setiap paket berisi beras 5 kilogram, gula pasir 2 Kg, dan minyak goreng 1 liter, dijual Rp 30 ribu atau lebih murah 70 persen ketimbang harga normal di pasaran.

(mdk/yud)