Ibu Kota Baru Bakal Diapit Dua Bandara Besar Indonesia

UANG | 27 Agustus 2019 15:07 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Pemerintah telah resmi memutuskan lokasi ibu kota baru Indonesia berada di Pulau Kalimantan Timur. Setidaknya terdapat dua wilayah yang ditetapkan yakni di Kabupaten Penajam Paser Utara dan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil, mengatakan bahwa di lokasi ibu kota baru ini nantinya akan terintegrasi dengan dua bandara. Diantaranya Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.

"Di sana kan ada infrastruktur bandara ada dua, Bandara Balikpapan dan Bandara Samarinda," katanya saat ditemui di Jakarta, Selasa (27/8).

Menteri Sofyan menambahkan lokasi ibu kota baru ini juga akan didukung oleh infrastruktur lainnya seperti jalan tol. Dengan begitu, ini diharapkan akan memudahkan untuk akses menuju ke ibu kota.

"Balikpapan-Samarinda sudah terhubung dengan tol tinggal diconnnect aja ke wilayah ibu kota baru. Jadi infrastruktur akan ada jalan barangkali jalan tol juga atau jalan arteri yang besar kemudian ada jembatan sehingga infrastruktur yang ada bisa dipakai untuk ibu kota," tandasnya. (mdk/bim)

Baca juga:
Pindah ke Ibu Kota Baru, Pemerintah Beri PNS Fasilitas Rumah
Soal Ibu Kota Baru, Menteri Syafruddin Siap Jadi Pejabat yang Pindah Pertama
Lepas Status Ibu Kota ke Kalimantan Timur, Jakarta akan Seperti New York dan Sydney
VIDEO: Pemerintah Fokus Siapkan RUU Ibu Kota Baru
Sarinah Bakal Ekspansi Bisnis di Ibu Kota Baru
Fahri Nilai Naskah Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota Kayak Draf Pengembang
Ibu Kota Pindah, Kemacetan Jakarta Berkurang Tetapi Tidak Hilang

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.