IHSG Anjlok 5 Persen, BEI Bekukan Perdagangan Saham

IHSG Anjlok 5 Persen, BEI Bekukan Perdagangan Saham
UANG | 19 Maret 2020 10:02 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan pembekuan perdagangan saham. Pembekuan tersebut dilakukan karena adanya penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pukul 09:37 JATS.

"Dengan ini kami menginformasikan bahwa pada hari ini, Kamis, 19 Maret 2020 telah terjadi pembekuan sementara perdagangan (trading halt) pada sistem perdagangan di Bursa Efek Indonesia pada pukul 09:37:18 waktu JATS," ujar Sekretaris Perusahaan BEI, Yulianto Aji Sadono.

Yulianto mengatakan, penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terjadi dalam rentan waktu pembukaan perdagangan yang mencapai 5 persen.

Adapun pembekuan dilakukan sesuai dengan Surat Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia Nomor: Kep-00024/BEI/03-2020 tanggal 10 Maret 2020 perihal Perubahan Panduan Penanganan Kelangsungan Perdagangan di Bursa Efek Indonesia dalam Kondisi Darurat.

"Perdagangan akan dilanjutkan pukul 10:07:18 waktu JATS tanpa ada perubahan jadwal perdagangan," paparnya.

1 dari 1 halaman

Dampak Buruk Jika IHSG Terus Anjlok

jika ihsg terus anjlok

Analis Bina Artha Sekuritas, Nafan Aji mengatakan, dampak terburuk jika IHSG terus anjlok secara jangka panjang akan menghantam kinerja emiten atau perusahaan publik. Di mana, sektor konsumsi dan perbankan dikhawatirkan berdampak paling besar.

"Pergerakan IHSG melemah dampak terburuknya kan sektor konsumsi kemungkinan emiten akan mengalami kinerja penurunan. Pihak banking juga alami penurunan," kata dia saat dihubungi merdeka.com, Selasa (17/3).

Dia mengatakan, sektor perbankan bisa saja keluar dari tekanan penurunan IHSG tersebut. Salah satu langkahnya dengan melakukan mitigasi risiko yang cukup baik di masing-masing perusahaan.

"Dengan begitu maka pergerakan IHSG relatif dia baik. Untuk sementara ini demikian. Karena kalau dilihat dari tahun ke tahun sektor perbankan masih trend," kata dia. (mdk/azz)

Baca juga:
Kenapa Indonesia Belum Ikuti Jejak Filipina Tutup Perdagangan Saham?
IHSG Ditutup Melemah, Ini 6 Saham Layak Dipertimbangkan Investor
IHSG Turun 5 Persen, BEI Kembali Bekukan Sementara Perdagangan
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Kriteria Emiten yang Sahamnya Harus Dihindari
Paket Kebijakan Stimulus II Diharapkan Dorong Perbaikan IHSG
Dampak Buruk Jika IHSG Terus Anjlok

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami