IHSG Bisa Sentuh 4.000 Jika Virus Corona Tak Cepat Ditangani

IHSG Bisa Sentuh 4.000 Jika Virus Corona Tak Cepat Ditangani
UANG | 19 Maret 2020 17:24 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditutup anjlok 225,25 poin atau 5,20 persen ke posisi 4.105,42 pada perdagangan hari ini, Kamis (19/3). Sepanjang perdagangan hari ini, IHSG berada di zona merah.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim memprediksi IHSG bisa sentuh level 4.000 apabila pemerintah lambat mengambil tindakan meredakan kekhawatiran terhadap Virus Corona. Untuk itu, pemerintah bersama OJK dan BEI harus bersama-sama menjaga kondisi pasar.

"IHSG bisa di bawah 4.000. Nah ini seharusnya pemerintah, BEI, OJK, Istana harus berkumpul karena yang namanya bursa itu kan mekanisme pasar. Kalau mekanisme pasar itu tidak boleh tutup kecuali perang," ujar Ibrahim kepada merdeka.com, Jakarta, Kamis (19/3).

Dia mengatakan, kondisi IHSG yang terus menurun juga dipengaruhi oleh rutinitas perusahaan yang listing di bursa untuk membagikan deviden. Sehingga perusahaan berbondong-bondong mengumpulkan dolar Amerika Serikat (USD).

"Ini juga akhir kuartal pertama di mana perusahaan yang listing di bursa akan membagikan deviden. Sehingga kebutuhan dolar cukup tinggi. Sehingga pemerintah harus menyiapkan dolar yang cukup banyak," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Penutupan Perdagangan...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami