IHSG Merosot Dipicu PSBB Jakarta, DPR Sebut Pasar Saham Kehilangan Rp300 Triliun

IHSG Merosot Dipicu PSBB Jakarta, DPR Sebut Pasar Saham Kehilangan Rp300 Triliun
UANG | 11 September 2020 11:00 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Ketua Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Said Abdullah menyebut bahwa pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengenai pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali, membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terjun bebas. Dia pun menyesalkan atas kejadian itu, mengingat dampaknya bakal terasa ke seluruh sektor.

"Kejadian kemarin sangat disesalkan, atas pernyataan yang begitu bombastis dramatis oleh Gubernur DKI Bapak Anies Baswedan sehingga timbulkan hal tidak perlu dan membakar ludes Rp300 triliun saham-saham kita berguguran," kata Said di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (11/9).

Menurutnya, ini menjadi tantangan berat baik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga Bank Indonesia. Sebab, jika sektor korporasi hancur, maka ritel pun akan ikut berdampak.

"Dan kita harap, agar Gubernur BI juga menjaga stabilitas di sektor keuangan karena kita khawatir upaya yang dilakukan Gubernur BI akan menjadi sia-sia bagi kita semua kalau tidak ada di antara kita koordinasi yang baik di semua lini."

Seperti diketahui, nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar Rupiah terperosok sebagai dampak penerapan PSBB.

Baca Selanjutnya: Merosot 5 Persen...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami