Imbas Omicron, Sandiaga Uno Hadiri Forum Pariwisata ASEAN 2022 Secara Virtual

Imbas Omicron, Sandiaga Uno Hadiri Forum Pariwisata ASEAN 2022 Secara Virtual
Sandiaga Uno. ©2021 Merdeka.com
EKONOMI | 17 Januari 2022 18:50 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menegaskan bahwa Indonesia akan berpartisipasi aktif dalam mengikuti ASEAN Tourism Forum (ATF) 2022. Gelaran ini juga dikenal sebagai forum Pariwisata ASEAN yang akan dilaksanakan di Kamboja pada 17 hingga 20 Januari mendatang.

"Saya sendiri akan hadir secara virtual dalam acara tersebut dikarenakan situasi omicron di Indonesia, sesuai dengan arahan Bapak Presiden (Joko Widodo)," ujarnya, Jakarta, Senin (17/1).

Isu yang diangkat dalam pertemuan ini adalah ASEAN-A Community of Peace and Shared Future yang mendorong kolaborasi antara seluruh negara anggota Asia Tenggara. Pertemuan ini juga mempromosikan ASEAN secara holistik sebagai satu tujuan dengan beragam budaya, masakan, serta komunitas.

Pertemuan ini selanjutnya, ditujukan untuk menghubungkan pemangku kepentingan utama dalam industri perjalanan dan akan dihadiri lebih dari 100 penjual (seller) dan 100 pembeli (buyer) dari 25 negara berbeda, 50 media nasional dan internasional, serta Menteri Pariwisata dari masing-masing negara.

Partisipasi Indonesia dalam Travel Exchange/Travex, bagian kegiatan dari AFT yang berguna sebagai tempat untuk entitas pariwisata ASEAN yang mau memasarkan produk dan jasa pariwisata kepada pembeli asing, bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

"Tahun 2022 ini, Wonderful Indonesia akan fokus pada lima Destinasi Wisata Super Prioritas, antara lain Mandalika di Lombok, Danau Toba di Sumatera Utara, Likupang di Sulawesi Utara, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Borobudur di Jawa Tengah," ungkap Sandiaga.

Wonderful Indonesia disebut akan menghadirkan 15 perusahaan pariwisata Indonesia secara di lokasi kegiatan ATF 2022 di Kamboja yang mencakup sektor hotel/akomodasi. Sektor itu seperti agen perjalanan/tur operator, dan destination marketing companies (perusahaan yang melakukan pemasaran destinasi).

Kemudian juga akan menghadirkan paviliun seluas 108 meter persegi yang terdiri dari 12 stand dengan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat sebagai tema utama. "Kehadiran Wonderful Indonesia dalam ATF 2022 diharapkan dapat memberikan update seputar Indonesia,” jelas Sandiaga.

Baca juga:
Geliatkan Ekonomi Bali, Sandiaga Uno Harap Lebih Banyak Event Sport Tourism
Sandiaga Dampingi Desa Wisata Maksimalkan SDA-Inovasi untuk Tarik Wisatawan
Kemenparekraf Kerahkan Mobil Vaksin ke NTB dan NTT untuk Recovery Industri Pariwisata
Sektor Pariwisata Berperan Besar dalam Penciptaan Lapangan Kerja di Indonesia
Menparekraf Sandiaga: MotoGP Mandalika Jadi Simbol Kebangkitan Ekonomi Masyarakat
Sandiaga Ingin MotoGP Mandalika jadi Momentum Kebangkitan UMKM

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami