INACRAFT 2014 incar penjualan Rp 117,6 M

INACRAFT 2014 incar penjualan Rp 117,6 M
Inacraft ke-15 di jcc. ©2013 Merdeka.com/arie basuki
EKONOMI | 23 April 2014 11:33 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Indonesia kembali menggelar pameran produk industri kreatif terbesar skala nasional. Pameran ini bertajuk Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (INACRAFT 2014) yang diadakan di Jakarta Convention Centre, Jakarta.

INACRAFT kali ini merupakan yang ke 16 kali yang diadakan Indonesia. Pameran ini akan berlangsung dari tanggal 23-27 April 2014.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak mengatakan acara ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing Usaha Kecil Menengah (UKM) terutama dalam menghadapi Masyarakat Asean Economic Community 2015.

"INACRAFT menjadi kesempatan berharga bagi para pelaku usaha Indonesia, khususnya UKM, serta sebagai sarana promosi dan pemasaran yang efektif untuk memperkenalkan produk mereka," ucapnya di JCC, Jakarta, Rabu (23/4).

INACRAFT 2014 dibuka langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan didampingi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono, serta beberapa Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II pada pukul 10.00 WIB.

Sebagai salah satu pameran kerajinan berkonsep bisnis to bisnis (b to b) dan juga bisnis to consumer (b to c) terbesar dan terlengkap di Indonesia, target pengunjung selama lima hari penyelenggaraan INACRAFT 2014 diperkirakan mencapai 200.000 orang. Target pembeli luar negeri mencapai 1.000 orang, dan target kontrak dagang selama pameran mencapai USD 9,3 juta.

Adapun transaksi penjualan retail yang diharapkan terjadi di pameran INACRAFT 2014 sebesar Rp 117,6 miliar. Hingga satu minggu menjelang pelaksanaan kegiatan, jumlah UKM yang terdaftar mengikuti pameran sebesar 150 perusahaan.

Perkembangan industri kerajinan di Indonesia ditunjukkan melalui kontribusinya terhadap PDB nasional di mana menempati urutan ketiga terbesar di sektor industri kreatif setelah kuliner dan busana.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2013, kontribusi industri handicraft atau kerajinan terhadap PDB nasional sebesar Rp 92,6 triliun.

Sementara itu, kontribusi industri kreatif secara keseluruhan terhadap PDB Indonesia pada tahun 2013 sebesar Rp 641,8 triliun, atau sekitar 7 persen dari total output nasional. (mdk/bim)

Baca juga:

SBY optimis produk kerajinan tangan semakin cerah

Alasan kerajinan tangan Indonesia unggul di dunia

Pameran INACRAFT ke-15 di JCC Senayan

Di Pameran INACRAFT, Jokowi dapat kaos buatan mahasiswa

Pameran INACRAFT ke-15 targetkan nilai transaksi Rp 203 miliar

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami