Incar investor milenial, BEI luncurkan pembukaan rekening investasi online

UANG | 27 Juli 2018 10:42 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) bertransformasi guna meningkatkan jumlah investor khususnya di kalangan anak muda atau milenial. Salah satunya dengan mempermudah proses berinvestasi.

Direktur Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko BEI, Fitri Hadi, mengatakan BEI akan fokus membangun cara-cara baru, terutama terbuka dengan anak muda dan juga digitalisasi.

"Jadi nanti kita akan otomatisasi proses bisnis karena dirasa selama ini masih banyak cara jadul yang kami lakukan, seperti misalnya buka rekening investasi nanti bisa online. Tidak perlu tatap muka dan tanda tangan basah. Pakai geometrik, hanya perlu gadget dan internet saja," tuturnya di Gedung BEI, Jumat (27/7).

Menurut Fitri, hal ini penting mengingat pengguna internet yang terlansir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika di Indonesia kini telah mencapai 101 juta pengguna. "Selain itu, nanti juga transparansi emiten bisa ditemukan secara online. Kita juga coba ajak kemitraan lainnya karena trennya sekarang adalah kolaborasi," kata dia.

Fitri menekankan, implementasi rekening online ditargetkan rampung pada tahun ini. Proses membuka rekening investasi yang pada mulanya memakan waktu 4 hari, dengan program ini hanya menghabiskan waktu 1 hari saja.

"Yang biasanya 3 sampai 4 hari, nanti bisa 1 hari untuk buka rekening investasi. Kita juga nanti ajak startup company kedepannya, jadi nanti investasi ini bisa lewat tokopedia ataupun Go-Jek. Nanti ada simulasi online," ujarnya.

Selanjutnya, Fitri menjelaskan pada kuartal IV, program ini sudah bisa dinikmati. "Di tahun ini, di kuartal IV. Programnya sudah dieksekusi dari sekarang. Nanti dalam 1 hari bisa selesai untuk buka rekening investasi. Kita sudah piloting, dan tahun ini diharapkan bisa implementasi hal tersebut," tuturnya.

"Jadi nanti bisa kerjasama dengan startup untuk buka rekening. E-commerce bekerja sama dengan Anggota Bursa (AB)," tandas dia.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6

Baca juga:
Gandeng para influencer, BEI ajak milenial melek investasi pasar modal
Genjot investasi dan ekspor, Jokowi ingin masa berlaku tax holiday bisa 50 tahun
BNP Paribas tawarkan reksadana online pertama mulai USD 10.000
Pesan Jokowi ke Pemda: Izin investasi berorientasi ekspor harus langsung diberikan
Menteri Rini ajak pengusaha AS investasi di sektor EBT hingga pariwisata RI
Tingkatkan daya serap pasar, BEI diharapkan tambah investor lokal
Tarik dana asing, Bank Indonesia lelang SBI tenor panjang

(mdk/bim)