Indef: Jangan Sampai Proyek Silicon Valley Ala Indonesia Mangkrak

Indef: Jangan Sampai Proyek Silicon Valley Ala Indonesia Mangkrak
Mandalika. ©Kementerian PUPR
UANG | 15 April 2021 14:36 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Kepala Center of Innovation and Digital Economy, Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengingatkan, jangan sampai pembangunan Silicon Valley ala Indonesia atau Bukit Algoritma di Sukabumi, Jawa Barat mangkrak. Seperti halnya Bandara Kertajati dari bandara komersial menjadi bengkel pesawat.

"Potensial mangkrak. Atau menjadi sama seperti proyek bandara komersial yang hanya jadi bengkel pesawat seperti yang terjadi pada Bandara Kertajati," ujar Nailul Huda dalam diskusi online, Jakarta, Kamis (15/4).

Kekhawatiran ini, bukan tanpa alasan sebab Bukit Algoritma hingga kini hanya program pembangunan secara fisik namun tidak mengangkat konteks inovasi. Hal itu lantaran BUMN yang dilibatkan dalam pembangunan Silicon Valley ala Indonesia ini bukan dari sektor ICT melainkan konstruksi.

"Nah tadi yang saya bilang juga tidak ada BUMN dari sektor ICT, terus ekosistem inovasi msh rendah. Itu yg menunjukan bahwa ini hanya penjualan properti," ungkap Nailul Huda.

Dia melanjutkan, ketika Bukit Algoritma tidak mengedepankan sebagian manusia maka bisa buat ketimpangan digital antara desa dan perkotaan bisa menjadi lebih lebar. Di tengah keterbatasan itu, pembangunan Silicon Valley ini sebenarnya 'Halu' atau hanya impian.

"Kenapa saya sebut kehaluan? Karena ada beberapa catatan yang tidak bisa menunjang pembangunan Sillicon Valley secara inklusif, malah bisa jadi eksklusif dan menjadi serangan balik bagi ekonomi nasional," paparnya.

Kehaluan ini didukung oleh tiga hal yang tidak dimiliki Indonesia. Pertama, ekosistem RnD di Indonesia masih sangat rendah. Kedua, proporsi dana RnD terhadap PDB masih rendah. Ketiga, produk high tech Indonesia masih sangat sedikit dan keempat kebijakan insentif fiskal tidak optimal. (mdk/azz)

Baca juga:
Bangun Silicon Valley Sukabumi, Indonesia Diminta Waspadai Banjir Pekerja Asing
Ini 3 Tantangan Indonesia Bangun Silicon Valley di Sukabumi
Catatan untuk Pemerintah Jika Bangun KEK Mirip Silicon Valley di Sukabumi
Bos BKPM Ingin Kabupaten Buton Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Aspal
KEK Kendal Dikembangkan untuk Industri Orientasi Ekspor
Hary Tanoesoedibjo Groundbreaking MNC Lido City Music & Arts Center

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami