Indef Sebut Pertumbuhan Ekonomi RI Bergantung pada 3 Menteri Ini

UANG | 28 Januari 2019 15:11 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira, mengatakan ekonomi RI sangat ditentukan oleh siapa yang akan mengisi posisi menteri di sektor ekonomi. Pasca pemilihan presiden 2019 mendatang, ada 3 posisi menteri yang akan menentukan nasib Indonesia lima tahun ke depan.

"Pasca Pilpres selesai 2019, dan selesai bukan April, Yang paling penting adalah di November siapa yang akan menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Keuangan, dan Kepala Bappenas," kata Bhima, dalam acara diskusi Forum Tebet, Ekonomi Indonesia Pasca Pemilu Presiden 2019, di Jakarta, Senin (28/1).

Bhima mengatakan, evaluasi selama empat tahun terakhir Pemerintahan Jokowi-JK, ekonomi Indonesia hanya tumbuh stagnan di kisaran 5 persen. Menurutnya, ini menunjukkan bahwa konsumsi masyarakat menurun.

"Hal itu yang membuat ritel kemudian berguguran. Jadi kalau ada yang bilang ritel karena e-commerce iya, tapi memang juga terjadi perlambatan konsumsi rumah tangga," katanya.

Dia menekankan, siapa pun yang terpilih menjadi presiden mendatang pembangunan infrastruktur tetap harus dilanjutkan dengan memerhatikan kesehatan fiskal. "Kesimpulannya, Presiden terpilih pasti sibuk satu tahun dua tahun (di ekonomi) kemudian tahun ketiga tahun ke empat baru fokus reformasi struktural," pungkasnya.

Baca juga:

Bos BKPM di WEF 2019: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Pelan Tetapi Pasti

Tahun 2019, Transaksi Debit Akan Bertumbuh

Strategi Pemerintah Tangkal Penurunan Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Pemerintah Prediksi Pertumbuhan Impor Tahun 2019 Lebih Rendah Dari Tahun Lalu

IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Dunia, Menkeu Akui Ekspor Tertekan Hebat

Mengintip Alasan IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Dunia di 2019 Menjadi 3,5 Persen

(mdk/azz)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com