Indeks PMI Meroket, Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal III Diyakini Lebih Baik

Indeks PMI Meroket, Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal III Diyakini Lebih Baik
UANG | 23 September 2020 15:50 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2020 diyakini lebih baik dari kuartal II lalu. Salah satu indikatornya adalah membaiknya indeks manajer pembelian atau Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia di bulan Agustus yang berada pada level 50,8.

"Memang resesi itu ada. Tetapi kita yakin pertumbuhan ekonomi akan kuartal III ini lebih baik dari kuartal II. Salah satunya meningkatnya PMI kita," ujar Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Raden Pardede, Rabu (23/9).

Menurutnya, membaiknya PMI Indonesia mengindikasikan perbaikan kinerja ekonomi nasional. Khususnya aktivitas manufaktur Indonesia didukung oleh peningkatan produksi dan pesanan baru.

"Apakah itu PMI? Apakah itu data-data konsumsi, kemudian data ritel, data penjualan di sektor manufaktur? Itu semua di kuartal III kita lihat jauh lebih baik dari kuartal II. Karena terjadi perbaikan aktivitas ekonomi dan meningkatkan permintaan," terangnya.

Dengan perbaikan pada kinerja ekonomi di kuartal III ini, dia menilai ekonomi nasional Indonesia telah melewati titik terendah pada kuartal II lalu. Sehingga kurva kenaikan akan terjadi di kuartal selanjutnya meski pertumbuhan ekonomi masih terkontraksi.

"Artinya di kuartal II itu kita sudah hit the bottom. Dan ada kenaikan di kuartal III dan selanjutnya. Untuk secara pastinya nanti akan kita lihat datanya setelah dikeluarkan BPS," tukasnya.

Baca Selanjutnya: Aktivitas Nasional Membaik...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami