Indikator Kegiatan Ekonomi Membaik, Pemerintah Optimistis RI Mampu Hindari Resesi

Indikator Kegiatan Ekonomi Membaik, Pemerintah Optimistis RI Mampu Hindari Resesi
UANG | 5 Agustus 2020 16:44 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sejumlah ekonom memperkirakan Indonesia tidak akan lolos dari resesi akibat pandemi Covid-19. Namun, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Iskandar Simorangkir, mengaku optimistis Indonesia bisa menghindari resesi.

Menurutnya, usai pelonggaran PSBB, atau sekitar bulan Juni telah terjadi pembalikan kurva kegiatan ekonomi yang merangkak naik. "Kalau kita lihat leading indicator, seperti PMI. Kalau kita lihat dari Mei ke Juni, ke Juli itu 7 poin lebih, 46,9 indeks PMI kita," kata Iskandar dalam video konferensi, Rabu (4/8).

Begitu juga dengan penjualan kendaraan bermotor, meski masih minus tapi membaik di mana dari -82 menjadi -54. Kemudian ada penjualan ritel yang juga menunjukkan peningkatan. Bahkan survei indeks keyakinan konsumen meningkat signifikan 83,8. Survei kegiatan dunia usaha juga menunjukkan tren serupa.

"Bukan hanya 5 leading indicator yang tunjukkan kinerja positif. Ada 3 hal, inflasi inti kita di bulan juli yang masuk di Q3, kalau kita lihat inflasi inti kita dibandingkan Juni, yang juni 0,02, Juli 0,16," jelas Iskandar.

Baca Selanjutnya: Kecepatan Pemulihan Perlu Jadi Perhatian...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami