Indonesia Ekspor Masker dan Alkes Senilai Rp2,97 Triliun Hingga Agustus 2020

Indonesia Ekspor Masker dan Alkes Senilai Rp2,97 Triliun Hingga Agustus 2020
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. ©2020 Liputan6.com/Tira Santia
UANG | 28 Desember 2020 15:08 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita mencatat bahwa pelaku industri di Indonesia telah berhasil mengekspor masker dan bermacam alat kesehatan (alkes) pencegah Covid-19 hingga USD 209,4 juta, atau setara Rp2,97 triliun (kurs Rp 14.200 per USD) hingga Agustus 2020.

Jumlah itu berasal dari USD 73,3 juta ekspor masker bedah, USD 62,2 juta masker kain, USD 36,9 juta meltblown non-woven dari filamen buatan, USD 23,8 juta meltblown selain filamen buatan, USD 11,7 juta gaun bedah, dan USD 1,5 juta pakaian pelindung medis (coverall).

Agus Gumiwang mengatakan, pencapaian ini sekaligus menjawab keraguan publik Tanah Air akan kemampuan pelaku industri kesehatan dan farmasi di dalam negeri

"Ketika itu banyak yang mempertanyakan apakah benar industri dalam negeri kita mampu. Saya sampaikan, saya yakin bahwa industri kita mampu," tegasnya dalam konferensi pers akhir tahun 2020 secara virtual, Senin (28/12).

Menurut data yang dibawakannya, pelaku industri di Indonesia tiap bulannya bisa memproduksi sekitar 37,1 juta coverall. Kemudian 24,5 juta surgical town atau gaun bedah, 343,8 juta masker bedah, dan 360 ribu masker N95.

Pencapaian ini pun sekaligus menjawab pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang pada saat awal wabah pandemi Covid-19 sempat menanyakan kesiapan dalam memenuhi kebutuhan masker dan alat kesehatan di Indonesia.

"Saya ingat sekali di awal-awal itu ketika bulan Februari ketika pandemi sudah mulai terasa. Dalam sebuah rapat kabinet, bapak Presiden (Jokowi) bertanya kepada kami, bagaimana persiapan kita, upaya kita agar Indonesia bisa mandiri untuk mempersiapkan APD dan masker. Alhamdulillah kita bisa menjawabnya," tuturnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Mendag Lutfi Diharapkan Mampu Atasi Masalah Ketersediaan Bahan Baku Ekspor
Kalah dari Produk Impor, Begini Cara Brebes Naikkan Kualitas Garam Lokal
3 Permintaan Khusus Presiden Jokowi kepada Mendag Lutfi
Ekspor Oleokimia Indonesia Tembus USD 2,4 Miliar Hingga November 2020
Usai Dilantik, Mendag Lutfi Janji Perkuat Ekspor & Pastikan Arus Barang Berjalan Baik
Makin Langka, Harga Kontainer Melonjak Seiring Meningkatnya Ekspor Indonesia

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami