Indosat Ooredoo Batasi Sementara Layanan Telekomunikasi

Indosat Ooredoo Batasi Sementara Layanan Telekomunikasi
UANG » MAKASSAR | 22 Mei 2019 15:40 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Indosat Ooredoo melakukan pembatasan akses layanan telekomunikasi khususnya layanan media sosial, mengikuti keputusan pemerintah yang disampaikan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) dan Menteri Komunikasi dan Informatika.

"Mengikuti perkembangan situasi saat ini, Indosat Ooredoo sepenuhnya mematuhi arahan dan keputusan pemerintah," kata Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk, dikutip Antara, Rabu (22/5).

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan pemerintah membatasi akses media sosial untuk sementara, menindaklanjuti perselisihan yang terjadi di masyarakat pasca pemilu.

Menurut dia, pembatasan tersebut sesuai dengan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), sekaligus mencegah beredarnya konten ujaran kebencian dan hoaks.

"Undang-undang ITE (informasi dan transaksi elektronik) intinya ada dua. Pertama, meningkatkan literasi kemampuan, kapasitas, kapabilitas, masyarakat akan digital, kedua manajemen dari konten termasuk melakukan pembatasan," kata Rudiantara.

Pembatasan tersebut dilakukan terhadap beberapa media sosial, khususnya yang berkaitan dengan proses unggah-unduh konten yang bisa membuat keruh suasana saat ini. "Fitur dalam media sosial dan messaging system yang viralnya cepat, yang secara emosional itu bisa langsung pada diri kita yaitu foto dan video," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Bendera Merah Putih Raksasa Warnai Aksi 22 Mei di Bawaslu
Diguyur Hujan, Aksi Pendukung Prabowo-Sandi di Makassar Bubar
Polisi Sita Duit Rp 6 Juta dalam Amplop Terpisah dari Massa Depan Bawaslu
Wiranto: Masyarakat Tak Percaya Hoaks Sudah Bantu Mengamankan Negeri Ini
Wapres JK Nilai Aksi 22 Mei Dipenuhi Banyak Kepentingan
Penjelasan Kapolri Soal Korban Meninggal Usai Peristiwa Bentrok Demo 22 Mei

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami