Industri Manufaktur Diramal Tumbuh 3,9 Persen Jika Pandemi Bisa Dikendalikan

Industri Manufaktur Diramal Tumbuh 3,9 Persen Jika Pandemi Bisa Dikendalikan
Industri. bahanbakar.com
UANG | 28 Desember 2020 16:45 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memproyeksikan industri manufaktur akan tumbuh positif pada 2021. Prediksi ini diasumsikan terjadi bila pandemi Covid-19 dapat teratasi.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita memperkirakan, target pertumbuhan industri bakal tercapai jika penemuan vaksin Covid-19 dapat terealisasi di awal tahun depan.

"Dengan asumsi pandemi Covid-19 dapat dikendalikan, tentu dengan sudah ada vaksin salah satunya, sehingga aktivitas ekonomi sudah kembali pulih, kami memproyeksikan pertumbuhan industri manufaktur di Indonesia pada 2021 akan tumbuh 3,95 persen, mendekati 4 persen," terangnya dalam Konferensi Pers Akhir Tahun 2020 secara virtual, Senin (28/12).

Agus Gumiwang pun optimistis, seluruh subsektor industri manufaktur akan mampu tumbuh positif di tahun mendatang jika wabah virus corona dapat terkendali dengan baik.

Di sisi lain, dia juga tak memungkiri pertumbuhan industri manufaktur masih akan mengalami kontraksi sebesar 2,22 persen pada 2020.

Namun demikian, menurut catatannya, tren perbaikan industri manufaktur sudah mulai muncul pada kuartal III 2020. Diharapkan perbaikan ini terus berlanjut hingga kuartal IV 2020.

"Walaupun dalam 2 kuartal terakhir mengalami perbaikan, tetap akan terkontraksi dengan perbaikan pertumbuhan sebesar -2,22 persen. Ini proyeksi kami di penghujung tahun 2020 nanti yang tinggal beberapa hari," ujar Agus.

Adapun beberapa subsektor industri tetap diproyeksikan tumbuh positif hingga tutup tahun 2020 ini. Antara lain industri kimia, farmasi dan obat Tradisional sebesar 14,96 persen.

Lalu industri pengolahan, jasa reparasi serta pemasangan mesin dan peralatan sebesar 1,15 persen, hingga industri makanan dan minuman sebesar 0,66 persen.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Perajin Besi di Kampar Produktif Meski Pandemi, Tiap Bulan Jual Ribuan Alat Panen
Kinerja Industri Asuransi Diprediksi Melejit di 2021
Kementan Kemenperin Kolaborasi Dorong Nilai Tambah Pertanian RI, ini Strateginya
Kemenperin Dorong Industri yang Nikmati Harga Gas Murah untuk Gencar Ekspansi
Kemenperin: UU Cipta Kerja Beri Jaminan Penyediaan Bahan Baku Maupun Bahan Penolong
Penurunan Harga Gas Dongkrak Kinerja Industri Keramik

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami