Ingin rasakan sensasi jadi pilot N219 buatan anak bangsa, kunjungi IBDExpo 2017

UANG | 20 September 2017 17:32 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia (DI) telah resmi terbang perdana pada Rabu (16/8) lalu di landasan pacu Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Sebelum diterbangkan, pesawat tersebut sudah melakukan rangkaian pengujian pada 9 Agustus 2017 lalu.

Kapten Esther Gayatri Saleh merupakan orang pertama yang menerbangkan pesawat buatan anak bangsa ini, didampingi kapten Adi Budi Atmoko sebagai first officer.

Melalui Indonesia Business and Development Expo (IBDExpo) 2017, klaster media badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tergabung dalam National Publishing and News Corporation (NPNC) mencoba menghadirkan flight simulator pesawat N219 kepada masyarakat.

Berdasarkan pantauan merdeka.com, booth flight simulator tersebut berisi peragaan ruang kendali pilot (kokpit) lengkap dengan flight instrument dan flight control. Selain itu, terdapat screen yang memperlihatkan pemandangan dari luar pesawat sehingga masyarakat bisa lebih dalam merasakan sensasi menjadi pilot N219.

Salah seorang pengunjung, Rusna merasa senang bisa mencoba menerbangkan pesawat N219 ini. Meski begitu, dirinya masih bingung dengan prosedur-prosedur penerbangan yang harus dilakukan agar pesawat tetap seimbang dan bisa landing dengan sempurna.

"(Mencoba flight simulator) enak, buat jadi pengalaman saja," kata Rusna di IBDExpo di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (20/9).

Dia mengaku memang sulit untuk menjadi pilot. Namun, Rusna sendiri merasa bangga bisa mencoba menerbangkan pesawat buatan anak bangsa meski lewat simulator.

"Rasanya bingung. Saya tidak tahu harus lihat layar pemandangan atau layar koordinatnya. Tapi seru sih," imbuhnya.


Diminati pasar Afrika, Pesawat N219 bakal diproduksi di Turki
PT DI matangkan pengembangan N219 versi amfibi
Belum lolos uji kelaikan, pesawat N219 buatan PT DI sudah dipesan 50 unit
Skema dan harapan PT DI dalam memproduksi dan menjual pesawat N219
4 Cerita di balik pembuatan pesawat N219 buatan anak negeri diminati banyak negara

(mdk/idr)