Ini 5 Produk UMKM untuk Pangsa Pasar Jemaah Haji dan Umrah Indonesia

Ini 5 Produk UMKM untuk Pangsa Pasar Jemaah Haji dan Umrah Indonesia
kekhusyukan doa jemaah umrah di Masjidil Haram. ©2020 AFP/Kementerian Haji dan Umrah Saudi
UANG | 13 Januari 2021 17:28 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengatakan terdapat 5 produk yang akan disuplai oleh UMKM Indonesia untuk memenuhi kebutuhan jemaah haji dan umrah Indonesia di Arab Saudi.

Kementerian Koperasi dan UKM telah mendorong partisipasi UKM dalam memenuhi kebutuhan jemaah haji dan umroh, sebagai bagian upaya pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional. Di mana, UMKM bisa mendapatkan pasar yang lebih luas.

"Sebagai permulaan terdapat 5 item produk yang akan disuplai oleh UMKM Indonesia yaitu sambal, kecap, kopi, teh dan gula," kata MenkopUKM Teten, Rabu (13/1).

Adapun Kementerian Koperasi dan UKM telah melakukan penandatanganan Naskah Nota Kesepahaman dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Agama dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) tentang Optimalisasi Peran Usaha Kecil dan Menengah Dalam Memenuhi Kebutuhan Haji dan Umrah.

"Pertama-tama kami mengapresiasi langkah konkret Kerjasama antara Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, dan Kementerian Agama, saya kira satu bentuk keberpihakan kita semua untuk pengembangan ekspor produk UMKM ke Timur Tengah," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Kolaborasi Kunci Majukan UMKM di...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami