Ini Kehebatan Mobil Dinas Baru Presiden Jokowi, Salah Satunya Tahan Ledakan Ranjau

Ini Kehebatan Mobil Dinas Baru Presiden Jokowi, Salah Satunya Tahan Ledakan Ranjau
UANG | 24 Agustus 2019 15:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Presiden Jokowi akan menggunakan mobil dinas baru yang menemaninya bertugas selama 5 tahun ke depan. Mercedes-Benz S600 Guard terpilih menjadi mobil dinas presiden.

Menjadi kendaraan operasional orang nomor satu Indonesia tentu kualitas aspek keamanan harus menjadi yang nomor wahid. Apa saja kehebatan mobil dinas ini nantinya?

Deputy Director Marketing Communication Mercedes Benz Indonesia (MBI), Hari Afirianto, mengatakan secara umum mobil ini akan dilengkapi lapisan anti serangan teror.

"Secara umum tentu mobil ini dilengkapi perlindungan anti peluru. Anti daya ledak pada level tertentu. Misalnya untuk ranjau level berapa. Juga ada peralatan perawatan pertama misal terjadi cedera," ujarnya pada merdeka.com di Jakarta, Sabtu (24/8).

Hari melanjutkan tidak bisa memberikan informasi spesifikasi khusus karena menjaga kerahasiaan keamanan negara. "Seperti terkait harga, spesifikasi khusus juga tidak bisa diberikan karena untuk keamanan tadi," tuturnya.

Memiliki kualitas mumpuni yang jarang ada, bagaimana jika terjadi kerusakan? Hari mengatakan pihak Mercedes siap memberikan pelayanan perbaikan jika terjadi kerusakan minor sekalipun seperti mogok.

"Layanan after sales pasti ada. Namun, layanan after sales juga pasti khusus. Tidak bisa dicampur. Khusus karena requirement khusus. Misal list pengangkat harus khusus yang harus bisa mengangkat beban hingga 8 ton," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Sekretariat Negara resmi mengganti kendaraan VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit yaitu Mercedes Bens S 600 Guard.

"Sesuai hasil pengadaan dan penawaran, Kemensetneg memutuskan untuk menyediakan 2 unit mobil Mercedes Bens sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan dan PT Astra International Tbk-TSO sebagai pemenangan 101 penyedia mobil menteri," kata Asisten Deputi Humas Kemensetneg Eddy Cahyono.

Kemensetneg mengadakan mobil dinas presiden sebanyak dua unit melalui Sistem Penunjukan Langsung. Hal ini karena diperuntukkan bagi pengamanan presiden dan wakil presiden. (mdk/bim)

Baca juga:
Mercedes-Benz Bangga Dipercaya Sediakan Mobil Dinas Presiden Jokowi
Cerita Mendagri Nebeng Pengawal Akibat Mobil Dinas Mogok
Jokowi Pakai Mercedes-Benz S 600 Guard, Menteri Dapat Toyota Crown
Resmi Diganti, Mobil Dinas Presiden Jokowi Mercedes Benz S 600 Guard
Tengok Mewahnya Toyota Crown G-Executive akan Jadi Mobil Dinas Baru Menteri
Kemensetneg Bakal Sediakan 103 Unit Mobil Dinas Baru untuk Jokowi dan Para Menteri
Luhut Soal Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi: Yang Lama Sudah Mogok

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami